Pengaruh penggunaan metode TEACCH (Treatment and Education of Autistic and Related Communication Handicapped Children) pada kemampuan executive function anak autis Malang / Fajriana Muslim - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan metode TEACCH (Treatment and Education of Autistic and Related Communication Handicapped Children) pada kemampuan executive function anak autis Malang / Fajriana Muslim

Muslim, Fajriana (2022) Pengaruh penggunaan metode TEACCH (Treatment and Education of Autistic and Related Communication Handicapped Children) pada kemampuan executive function anak autis Malang / Fajriana Muslim. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Anak dengan hambatan autis secara umum ditandai dengan adanya gangguan pada tiga aspek yaitu komunikasi interaksi dan perilaku. Selain itu anak autis juga mengalami gagguan pada bagian executive function terutama pada aspek fleksibilitasnya. Kemampuan executive function ini dapat mempengaruhi cara individu dalam mengambil keputusan memecahkan masalah membuat suatu perencanaan dan dalam melakukan suatu aktivitas. Oleh karena itu diperlukan intervensi yang cepat dan tepat karena hal tersebut dapat mempengaruhi kehidupan anak autis dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan executive function (fleksibilitas) anak autis sebelum diberikannya intervensi berupa implementasi metode TEACCH mendeskripsikan kemampuan executive function (fleksibilitas) anak autis saat diberikan intervensi berupa implementasi metode TEACCH dan setelah dilakukan implementasi metode TEACCH. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan jenis Single Subjek Research (SSR) dan menggunakan desain A-B-A yang bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh dari perlakuan yang diberikan secara berulang terhadap perilaku yang ingin dirubah dalam waktu tertentu. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa sebelum diberikan intervensi kemampuan executive function (fleksibilitas) anak autis sangat rendah seperti mengamuk menangis melempar benda yang ada disekitarnya dan agresif pada orang disekitarnya dengan durasi lebih dari lima menit. Saat diberikan intervensi kemampuan executive function (fleksibilitas) anak autis meningkat perilaku tantrum dan agresif muncul dengan durasi kurang dari lima menit dan setelah diberikan intervensi kemampuan executive function (fleksibilitas) anak autis sedikit menurun namun tidak signifikan. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan intervensi berupa metode TEACCH berpengaruh pada kemampuan executive function (fleksibilitas) anak autis apabila dalam penerapannya dikombinasikan dengan strategi atau teknik modifikasi perilaku lainnya serta memperhatikan prinsip pengajaran bagi anak autis. Saran untuk para pendidik melihat betapa pentingnya intervensi untuk anak autis sebaiknya mengkaji kembali penggunaan metode TEACCH dalam meningkatkan kemampuan executive function (fleksibilitas) anak autis berdasarkan kelebihan kekurangan dan manfaat dari penggunaan metode TEACCH.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267200

Actions (login required)

View Item View Item