Peningkatan kemampuan menulis permulaan menggunakan metode maternal reflektif (MMR) siswa tunarungu kelas IV SDLB / Yanuar Widisyamsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menulis permulaan menggunakan metode maternal reflektif (MMR) siswa tunarungu kelas IV SDLB / Yanuar Widisyamsih

Widisyamsih, Yanuar (2022) Peningkatan kemampuan menulis permulaan menggunakan metode maternal reflektif (MMR) siswa tunarungu kelas IV SDLB / Yanuar Widisyamsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Anak tunarungu mengalami hambatan pada pendengarannya sehingga dapat menyebabkan aspek dalam kehidupan sehari-harinya tidak dapat berkembang. Terlebih pada komunikasi dan bahasa yang berkaitan dengan kemampuan mendengarnya. Pada bahasa tulis anak tunarungu sering mengalami penulisan huruf yang berulang atau pengurangan huruf dan juga penulisan yang sering terbolak-balik penulisan kata atau kalimat. Seperti pada kasus yang dijumpai oleh peneliti ketika observasi pada suatu kelas yang peneliti meminta siswa untuk menuliskan satu kata yang diucapkan peneliti disertai dengan gambar. Siswa masih belum mampu menuliskannya dengan tepat. Dari permasalahan tersebut perlu adanya metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk proses pembelajaran menulis permulaan siswa tunarungu. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis permulaan menggunakan metode maternal reflektif siswa tunarungu kelas 4 SDLB. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dengan time series design. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga siswa tunarungu kelas IV SDLB di SLBN Pembina Tingkat Nasional Bagian C Malang. Kegiatan penelitian dilakukan sebanyak 11 kali pertemuan yang terbagi menjadi tiga sesi. Pretest sebanyak 4 kali pemberian perlakuan atau intervensi sebanyak 3 kali dan pada post test sebanyak 4 kali pertemuan. Hasil penelitian pada pretest dan post test di rata-rata diperoleh nilai yaitu 43 dan 72. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji wilcoxon rank test dengan software SPSS diperoleh nilai Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0 042. Maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga penggunaan metode maternal reflektif dapat meningkatkan kemampuan menulis permulaan siswa tunarungu kelas 4 SDLB. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode maternal reflektif dapat meningkatkan kemampuan menulis permulaan siswa tunarungu kelas 4 SDLB. Saran yang direkomendasikan untuk guru supaya dapat memberikan variasi dalam penggunaan metode maternal reflektif sehingga pelaksanaan pembelajaran tidak membosankan dengan adanya media penunjang berupa powerpoint.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267198

Actions (login required)

View Item View Item