Penerapan metode TEACCH (Treatment Education of Autistic and Related Comunication and Handicapped Children) pada pembelajaran vokasional di SLB Autisme River Kids Malang / Vannicia Wahyu Ramadhani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode TEACCH (Treatment Education of Autistic and Related Comunication and Handicapped Children) pada pembelajaran vokasional di SLB Autisme River Kids Malang / Vannicia Wahyu Ramadhani

Ramadhani, Vannicia Wahyu (2022) Penerapan metode TEACCH (Treatment Education of Autistic and Related Comunication and Handicapped Children) pada pembelajaran vokasional di SLB Autisme River Kids Malang / Vannicia Wahyu Ramadhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ramadhani Vannicia Wahyu 2022. Penerapan Metode TEACCH (Treatmen Education Of Autistic and Related Comunication and Handicapper Children) pada Pembelajaran Vokasional di SLB Autisme River Kids Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Ahsan Romadlon Junaidi M.Pd (2) Sopingi S.Sos M.Pd. Kata kunci Metode TEACCH Pembelajaran Vokasional Autis Autis merupakan kelainan perkembangan pada saraf sehingga menyebabkan gangguan perilaku komunikasi dan interaksi sosial. Berdasarkan gangguan pada anak autis perlu adanya sebuah strategi pembelajaran berupa metode dan media belajar yang tepat agar proses belajar mengajar dapat berjalan efektif dan efisien. Selain itu pembelajaran yang diberikan dapat berupa kegiatan yang dapat menunjang kemandirian anak seperti pembelajaran vokasional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan memberikan gambaran secara rinci mengenai proses (1) perencanaan (2) pengorganisasian (3) pelaksanaan dan (4) pengawasan dari penerapan metode TEACCH pada pembelajaran vokasional river craft dan vokasional river food di SLB Autisme River Kids Malang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif berdasarkan studi kasus. Subjek pada penelitian ini adalah pihak yang memiliki pengetahuan tentang data yang dibutuhkan yakni wakil kurikulum dan guru vokasional. Metode pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik data collection data reduction dan Conclusion drawing/verifying. Keabsahan data diperiksan dengan menggunakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian ini ialah pembelajaran vokasional dapat diterapkan dengan menggunakan metode TEACCH. Adaptasi yang dilakukan pada metode ini telah disesuaikan dengan karakteristik setiap siswa. Penerapan metode ini dilakukan berdasarkan proses (1) perencanaan diberikan dengan memadukan metode yang digunakan sekolah sebelumnya dengan metode TEACCH (2) pengorganisasian ini dirancangan berdasarkan kurikulum vokasional dengan melibatkan beberapa pihak terkait (3) pelaksanaan penerapan metode TEACCH pada vokasional sudah berjalan dengan baik walaupun dilapangan tidak selalu sama dengan rancangan yang telah dibuat (4) pengawasan dilakukan dengan memberi tindak lanjut pada penerapan metode TEACCH dipembelajaran vokasional. Saran pada peneliti selanjutnya agar mampu melakukan penelitian lebih jauh mengenai penerapan metode TEACCH dalam berbagai bidang vokasional dan pada pembelajaran lainnya sehingga hasil dari penelitiannya dapat memberikan informasi yang bermanfaat untuk banyak pihak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267196

Actions (login required)

View Item View Item