Media stamp game untuk meningkatkan kemampuan penjumlahan bersusun pada siswa kelas VII Tunagrahita Ringan di SLBN Pembina Tingkat Nasional Bagian C Malang. / Yesilyn Erwiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Media stamp game untuk meningkatkan kemampuan penjumlahan bersusun pada siswa kelas VII Tunagrahita Ringan di SLBN Pembina Tingkat Nasional Bagian C Malang. / Yesilyn Erwiana

Erwiana, Yesilyn (2022) Media stamp game untuk meningkatkan kemampuan penjumlahan bersusun pada siswa kelas VII Tunagrahita Ringan di SLBN Pembina Tingkat Nasional Bagian C Malang. / Yesilyn Erwiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemampuan berpikir paling tinggi yang dapat dilakukan tunagrahita ringan sama dengan kemampuan murid normal pada usia 12 tahun. Pada usia 12 tahun perkembangan yang dapat dicapai anak normal adalah tahap operasional konkrit. Pembelajaran untuk anak pada tahap perkembangan operasional konkret memerlukan kontekstualisasi dengan kehidupan nyata. Salah satunya dengan penggunaan media pembelajaran berupa media stamp game. Tujuan dari penelitian ini adalah mendiskripsikan kemampuan awal penjumlahan bersusun siswa tunagrahita ringan mendiskripsikan kegiatan intervensi melalui penggunaan media stamp game pada siswa tunagrahita ringan dan mendiskripsikan kemampuan akhir penjumlahan bersusun siswa setelah penggunaan media stamp game. Penelitian ini menggunakan suatu rancangan eksperimen Quasi eksperimen time series design. Penelitian ini dilakukan dengan memberikan pre test dan post test dalam satu kelompok yang diberikan perlakuan dengan penggunaan media stamp game. Instrumen yang digunakan berupa soal tes dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan awal penjumlahan bersusun siswa masih cukup rendah. Intervensi melalui media stamp game diaplikasiakn dalam pembelajaran tematik. Hasil post-test siswa mengalami kenaikan sehingga dapat dikatakan bahwa stamp game mampu meningkatkan kemampuan penjumlahan bersusun siswa. Dalam hal ini dibuktikan juga dari hasil uji wilcoxon signed ranks test didapatkan nilai z sebesar -2.271 dan nilai asymp sig. lebih kecil dari tingkat alfa 5% (0 05) sehingga menolak Ho. Maka kesimpulannya terdapat perbedaan rata-rata hasil tes siswa setelah diberikan intervensi berupa media stamp game. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemanfaatan stamp game sebagai media intervensi memberikan peningkatan bagi kemampuan penjumlahan bersusun anak tunagrahita. Saran yang direkomendasikan supaya media stamp game dapat menjadi referensi bagi guru sebagai variasi media pembelajaran di dalam kelas dan diharapkan peneliti selanjutnya mampu menerapkan media ini pada materi pembelajaran matematika lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267195

Actions (login required)

View Item View Item