Penggunaan media menggosok gigi (gogi) terhadap keterampilan bina diri menggosok gigi siswa tunagrahita kategori sedang di SLB Tamima Mumtaz Pujon Malang / Ilham Afrizal Chusna - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media menggosok gigi (gogi) terhadap keterampilan bina diri menggosok gigi siswa tunagrahita kategori sedang di SLB Tamima Mumtaz Pujon Malang / Ilham Afrizal Chusna

Chusna, Ilham Afrizal (2022) Penggunaan media menggosok gigi (gogi) terhadap keterampilan bina diri menggosok gigi siswa tunagrahita kategori sedang di SLB Tamima Mumtaz Pujon Malang / Ilham Afrizal Chusna. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Anak tunagrahita sedang adalah anak dengan hambatan intelektual yang masih mampu melakukan keterampilan mengurus diri sendiri (Self-help). Salah satu aspek yang dapat dikembangkan yaitu keterampilan bina diri menggosok gigi. Penggunaan media pembelajaran berupa media menggosok gigi (GOGI) yang dikemas dalam powerpoint menjadi beberapa alternatif pembelajaran keterampilan menggosok gigi bagi siswa tunagrahita sedang. Media Menggosok gigi (GOGI) adalah media interaktif karena dengan menggunakan gambar dan suara yang dapat merangsang pemakainya untuk mempraktikkan tahapan menggosok gigi secara sistematis. Tujuan penelitian ini terbagi menjadi tiga diantaranya untuk mendeskripsikan keterampilan bina diri menggosok gigi siswa tunagrahita sedang sebelum dilakukan intervensi untuk mendeskripsikan keterampilan bina diri menggosok gigi siswa tunagrahita sedang sesudah dilakukan intervensi dan mendeskripsikan pengaruh penggunaan media menggosok gigi (GOGI) terhadap keterampilan bina diri menggosok gigi siswa tunagrahita kategori sedang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pra eksperimen one group pretest-posttest. Subjek dalam penelitian ini adalah empat partisipan yang merupakan siswa tunagrahita kategori sedang di SLB Tamima Mumtaz Pujon Malang. Kegiatan penelitian ini terbagi menjadi tiga tahap pretest penberian treatment dan posttest. Hasil penelitian memaparkan rata-rata pretest dan posttest. masing-masing senilai 26 6 dan 73 3. Dengan nilai nilai Asymp.Sig. (2-tailed) sebesar 0 046 maka H1 diterima dan H0 ditolak Sehingga Media Menggosok Gigi (GOGI) berpengaruh dalam meningkatkan keterampilan bina diri menggosok gigi siswa tunagrahita kategori sedang di SLB Tamima Mumtaz Pujon Malang. Dari hasil yang telah diperoleh maka penelitian ini mampu menjadi rujukan bagi guru untuk menerapkan penggunaan media menggosok gigi (GOGI dalam pembelajaran menggosok gigi di kelas. Selain itu penelitian ini mampu menjadi referensi bagi peneliti selanjutnya dalam mengembangkan penelitian baru berbasis media powerpoint dalam pembelajaran bina diri menggosok gigi bagi anak tunagrahita.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Oct 2022 04:29
Last Modified: 27 Mar 2024 07:04
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267192

Actions (login required)

View Item View Item