Pengembangan powerpoint interaktif desain serious game sebagai media edukasi mitigasi bencana gempa bumi pada siswa tunagrahita di SLB Tamima Mumtaz Kabupaten Malang / Ririn Novita Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan powerpoint interaktif desain serious game sebagai media edukasi mitigasi bencana gempa bumi pada siswa tunagrahita di SLB Tamima Mumtaz Kabupaten Malang / Ririn Novita Sari

Sari, Ririn Novita (2022) Pengembangan powerpoint interaktif desain serious game sebagai media edukasi mitigasi bencana gempa bumi pada siswa tunagrahita di SLB Tamima Mumtaz Kabupaten Malang / Ririn Novita Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kurangnya kesadaran serta keterlibatan sekolah dalam pengenalan pendidikan mitigasi bencana masih belum berjalan secara maksimal di Indonesia. Anak tunagrahita cenderung merasa bingung dengan kondisi yang terjadi secara tiba-tiba kurangnya pengetauhan mengenai bagaimana cara menghadapi bencana gempa bumi sering kali membuat mereka menjadi pasif sehingga kebanyakan dari anak tunagrahita rentan menjadi korban dalam suatu bencana alam. Dibutuhkan sebuah media pembelajaran yang dirancang khusus untuk anak tunagrahita agar mereka lebih mudah memahami informasi mengenai mitigasi bencana gempa bumi. Tujuan utama dari penelitian ini ialah (1) pengembangan suatu media pembelajaran interaktif mitigasi bencana gempa bumi yang dapat digunakan untuk siswa tunagrahita dalam pembelajaran (2) Penyajian materi mitigasi bencana dengan desain serious game untuk menarik siswa dalam pembelajaran mitigasi bencana serta (3) mengenalkan siswa tunagrahita dasar-dasar cara mengenali mencegah dan melarikan diri saat gempa bumi. Penelitian ini menggunakan model pengembangan (Research amp Development) oleh Lee amp Owens yaitu ADDIE. Pengumpulan data validasi media berupa angket diberikan kepada 3 ahli media 3 ahli materi dan 3 praktisi. Teknik pengumpulan data validasi menggunakan angket yang telah berisi pernyataan untuk kemudian diisi oleh para validator untuk mengukur kelayakan media. Data pengujian lapangan menggunakan uji coba skala kecil untuk mengetauhi tolak ukur keberhasilan media uji coba dilakukan kepada 3 siswa tunagrahita di SLB Tamima Mumtaz. Analisis oleh ahli media ahli materi dan praktisi mengenai powerpoint interaktif desain serious game sebagai media mitigasi bencana gempa bumi secara berurut mendapatkan skor penilaian 98 1% 84 9% dan 89 4%. %. Berdasarkan dari skor yang diperoleh media dan materi pada powerpoint interaktif desain serious game sebagai media mitigasi bencana gempa bumi pada siswa tunagrahita di SLB Tamima Mumtaz dinyatakan sangat layak di uji cobakan dalam proses pembelajaran. Hasil uji coba produk serious game sebagai media mitigasi bencana gempa bumi menggunkan rumus rerata mendapatkan skor akhir penilaian 88 1%. Berdasarkan dari skor yang diperoleh media dan materi powerpoint interaktif desain serious game sebagai media mitigasi bencana gempa bumi pada siswa tunagrahita di SLB Tamima Mumtaz dinyatakan sangat valid sangat efektif dapat digunakan tanpa perbaikan pada proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267189

Actions (login required)

View Item View Item