Pengaruh penggunaan metode pembelajaran pq4r (preview, question, read, recite, reflect, review) terhadap peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa slow learner kelas v di slbs bcg idayu 1 malang / Fahira Anindita Ciptaningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan metode pembelajaran pq4r (preview, question, read, recite, reflect, review) terhadap peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa slow learner kelas v di slbs bcg idayu 1 malang / Fahira Anindita Ciptaningrum

Ciptaningrum, Fahira Anindita Ciptaningrum (2021) Pengaruh penggunaan metode pembelajaran pq4r (preview, question, read, recite, reflect, review) terhadap peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa slow learner kelas v di slbs bcg idayu 1 malang / Fahira Anindita Ciptaningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ciptaningrum Fahira Anindita. 2021. Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran PQ4R (Preview Question Read Reflect Recite Review) Terhadap Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Slow Learner Kelas V di SLBS BCG Idayu 1 Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ahsan Romadlon Junaidi M.Pd (II) Dimas Arif Dewantoro M.Pd Kata Kunci Membaca Pemahaman Metode Pembelajaran PQ4R Slow Learner Slow Learner merupakan siswa yang memiliki kemampuan di bawah rata-rata dengan capaian IQ berkisar 70-90. Membutuhkan waktu yang lebih lama dalam memahami pembelajaran terutama materi pelajaran berupa simbol pemikiran abstrak dan pemahaman konseptual serta membutuhkan pengulangan untuk mampu mencapai tujuan pembelajaran. Membaca merupakan aktivitas yang dilakukan untuk memperoleh informasi memahami pesan maupun isi pikiran dari penulis sehingga pembaca mendapat pengalaman dan pengetahuan baru. Kemampuan membaca yang dimiliki setiap siswa berbeda dan tidak bisa didapatkan secara instan. Maka dari itu perlu diterapkan metode belajar yang sesuai untuk menunjang pembelajaran membaca. Secara umum kemampuan membaca siswa slow learner masih rendah karena mereka membutuhkan waktu yang lebih lama untuk memahami materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan metode pembelajaran PQ4R (Preview Question Read Reflect Recite Review) terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa slow learner kelas V di SLBS BCG Idayu 1 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian single subject research (SSR) dan menggunakan desain penelitian A-B-A rsquo . Pengumpulan data hasil tes membaca pemahaman menggunakan tes tertulis yaitu berupa teks cloze procedure. Analisis data menggunakan analisis data dalam kondisi dan analisis data antar kondisi. Berdasarkan hasil pengujian data yang telah dilaksanakan pada fase baseline-1 (A1) skor perolehan adalah 45.00 dan 42.00. Fase intervensi (B) memperoleh 62.00 64.00 66.00 mengalami peningkatan saat metode pembelajaran PQ4R diterapkan. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran PQ4R berpengaruh terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa slow learner. Fase baseline-2 (A2) memperoleh 60.00 dan 60.00 skor stabil saat intervensi dihilangkan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa slow learner dengan menggunakan metode pembelajaran PQ4R antara sebelum diberikan treatment saat diberikan treatment dan setelah treatment dihilangkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267187

Actions (login required)

View Item View Item