Pengembangan buku ajar pendamping biologi sel dan molekuler bersintak Reading, Questioning and Answering (RQA) guna menunjang kegiatan pembelajaran pengayaan biologi di madrasah aliyah / Muhammad Bagas Murditya - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku ajar pendamping biologi sel dan molekuler bersintak Reading, Questioning and Answering (RQA) guna menunjang kegiatan pembelajaran pengayaan biologi di madrasah aliyah / Muhammad Bagas Murditya

Murditya, Muhammad Bagas (2016) Pengembangan buku ajar pendamping biologi sel dan molekuler bersintak Reading, Questioning and Answering (RQA) guna menunjang kegiatan pembelajaran pengayaan biologi di madrasah aliyah / Muhammad Bagas Murditya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Murditya M. B. 2015. PengembanganBuku Ajar PendampingBiologiSeldanMolekulerBersintakReading Questioning and Answering (RQA)GunaMenunjangKegiatanPembelajaranPengayaanBiologi Di Madrasah Aliyah. Skripsi JurusanBiologi FakultasMatematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1)Prof. Dr. Alosiyus Duran Corebima M.Pd (2) Dr. Umie Lestari M.Si. Kata kunci BiologiSeldanMolekuler KegiatanPembelajaranPengayaan PenelitianPengembangan Buku Ajar StrategiPembelajaran RQA. Permasalahan di kegiatanpembelajaranpengayaanuntukkompetensidasar (KD) yang terkaitdengankonsepbiologiseldanmolekuleradalahpermasalahan yang kompleks jikapermasalahaninitidaksegeraditemukansolusinyaberdampakpadarendahnyadayasaingsiswadalamberbagaikompetisiakademik.Permasalahantersebutmeliputikurangnyakemampuan guru dalammendalamimateribiologiseldanmolekuler ketidaklengkapanmateribuku ajar pokokdandesakankebutuhansekolahuntukberprestasipadaOlimpiadeSainsNasional (OSN).Tujuanpenelitianiniadalahmengembangkanbuku ajar pengayaanbiologiseldanmolekulerbersintakstrategipembelajaran RQA (Reading Questioning and Answering) lengkapdengancontohsoalbiologiseldanmolekuler yang disajikanpadakompetisiakademikbiologibaik di tingkatnasionaldaninternasionalbesertapembahasannya.Penelitianinimerupakanpenelitiandanpengembangandenganmenggunakanmetode 4D (Define Design Develop and Disseminate) Thiagarajan.KualitasisimateriprodukpenelitianinitelahdivalidasiolehahlimateridariFakultasTekno-biologiUniversitas SurabayadanJurusanBiologiUniversitasNegeri Malang. Dari segikualitas media pembelajaran produkpenelitianinitelahdivalidasiolehahli mediapembelajaranbiologidariJurusanBiologiFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeri Malang. Produkpenelitianinijugatelahdivalidasilapangandanjugadiujiketerbacaannyaoleh guru biologidansiswakelas XI-Mat Sains MAN 3 Malang. Dari proses ujivaliditastersebutdiperolehbahwareratapersentasevaliditasmaterisebesar 91.5%danreratapersentasevaliditas media pembelajaransebesar88.8%. Dipihaklainhasilujivaliditasoleh guru biologimenunjukkanbahwareratapersentasevaliditassebesar 98.8% sedangkanhasilujiketerbacaanolehsiswamenunjukkanbahwareratapersentasevaliditassebesar 90.98%. Hasildifusidanadopsimelalui seminar hasil di JurusanBiologiUniversitasNegeri Malang jugamenunjukkanpenerimaan yang baikterhadapprodukpenelitianini.Hal inimengindikasikanbahwaprodukhasildaripenelitianiniyang berupabuku ajarmemilikipersentasekriteriavaliditassangattinggisehinggatidakmembutuhkanrevisisecaramendasardansiapdimanfaatkan di lapangansebenarnyauntukkegiatanpembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26718

Actions (login required)

View Item View Item