Pelaksanaan program pembelajaran vokasional membatik bagi siswa tunagrahita Kelas IX di SLB C, Autis Negeri Kedungkandang / Yolanda Christina Dewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan program pembelajaran vokasional membatik bagi siswa tunagrahita Kelas IX di SLB C, Autis Negeri Kedungkandang / Yolanda Christina Dewi

Dewi, Yolanda Christina (2021) Pelaksanaan program pembelajaran vokasional membatik bagi siswa tunagrahita Kelas IX di SLB C, Autis Negeri Kedungkandang / Yolanda Christina Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hasil studi pendahulu di SLB C Autis Negeri Kedungkandang peneliti menemukan bahwa program pembelajaran vokasional dan keterampilan bagi siswa tunagrahita di sekolah tersebut dilaksanakan pada masing-masing kelas sesuai wewenang guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran vokasional membatik siswa tunagrahita mendeskripsikan faktor pendukung pada keberhasilan terselenggaranya pembelajaran vokasional membatik mendeskripsikan faktor kendala yang terjadi pada pelaksanaan pembelajaran vokasional membatik dan mendeskripsikan upaya yang dilakukan pihak sekolah dalam mengatasi kendala yang terjadi dalam pelaksanaan pembelajaran vokasional membatik di SLB C Autis Negeri Kedungkandang Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif. Dimana penelitian ini mendeskripsikan secara rinci tentang pelaksanaan factor pendukung kendala upaya yang dilakukan untuk menanggulangi kendala pelaksanaan program vokasinal. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif hal ini dikarenakan untuk memahami secara mendalam bagaimana pelaksanaan program yang diteliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa Perencanaan pembelajaran dilakukan pada tahap awal. Kurikulum yang digunakan merupakan kurikulum pendidikan khusus akan dimodifikasi sesuai dengan kemampuan siswa. Pembelajaran vokasional membatik kelas dilaksanakan di ruang vokasi sekolah yang dilengkapi dengan berbagai sarana dan prasarananya yang cukup memadai. Pembelajaran vokasional membatik sudah dilaksanakan dengan baik dengan dukungan beberapa faktor pendukung namun masih ada beberapa kendala yang terjadi ketika pelaksanaan pembelajaran berlangsung. Sekolah sudah baik dalam mengatasi kendala yang terjadi. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan pendisiplinan siswa dalam pembelajaran dan berkoordinasi dengan orang tua untuk sama-sama mengatasi kendala yang terjadi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diketahui pelaksanaan pembelajaran vokasi membatik di kelas IX SLB C Autis Negeri Kedungkandang sudah berjalan dengan baik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267179

Actions (login required)

View Item View Item