Optimalisasi activity of daily living / adl untuk mengembangkan kemampuan menolong diri (self help) anak tunagrahita di SLB PGRI Badas Kabupaten Kediri / Irineymelia Ika Putri Fanani - Repositori Universitas Negeri Malang

Optimalisasi activity of daily living / adl untuk mengembangkan kemampuan menolong diri (self help) anak tunagrahita di SLB PGRI Badas Kabupaten Kediri / Irineymelia Ika Putri Fanani

Fanani, Irineymelia Ika Putri (2022) Optimalisasi activity of daily living / adl untuk mengembangkan kemampuan menolong diri (self help) anak tunagrahita di SLB PGRI Badas Kabupaten Kediri / Irineymelia Ika Putri Fanani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fanani Irineymelia Ika Putri. 2022. Optimalisasi Activity Of Daily Living / ADL Untuk Mengembangkan Kemampuan Menolong Diri (Self Help) Anak Tunagrahita. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. M. Shodiq AM M. Pd. (II) Rizqi Fajar Pradipta S. Pd M. Pd Kata Kunci Activity Of Daily Living / ADL Anak Tunagrahita Kemampuan Bina Diri Anak Tunagrahita. Activity of Daily Living atau kegiatan dalam kehidupan sehari-hari. mengacu pada aktivitas sehari-hari yang bersifat individu dan memiliki pengaruh penting bagi kemandirian dan proses interaksi anak dengan lingkungan di sekitarnya. Penelitian ini berangkat dari latar belakang Optimalisasi Program Activity Of Daily Living bagi anak tunagrahita. Dalam pembelajaran Bina diri permasalahan yang dirasakan oleh guru di sekolah bahwa pembelajaran bina diri pada anak tunagrahita masih belum efektif dan perkembangan anak yang belum optimal. Namun upaya yang efektif harus dilakukan guna anak berkebutuhan khusus tunagrahita mampu melakukan kegiatannya secara mandiri dengan tidak bergantung kepada orang lain. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif jenis penelitian studi kasus. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari mereduksi data menyajikan data dan menyimpulkan. Tujuan Penelitian ini adalah untuk (1) Proses Perencanaan Program Activity Of Daily Living/ Bina Diri Bagi Siswa Tunagrahita (2) Pelaksanaan Program Activity Of Daily Living/ Bina Diri Bagi Siswa Tunagrahita (3) Untuk mengetahui penerapan Metode Dalam Program Activity Of Daily Living/ Bina Diri Bagi Siswa Tunagrahita (4) Untuk mengetahui Sarana dan Prasarana Dalam Program Activity Of Daily Living/ Bina Diri Bagi Siswa Tunagrahita (5) Untuk mengetahui Evaluasi dan Tindak Lanjut Dalam Program Activity Of Daily Living/ Bina Diri Bagi Siswa Tunagrahita Di SLB PGRI Badas Kabupaten Kediri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pelaksanaan program ADL/Bina diri di SLB PGRI Badas Kabupaten Kediri secara umum berjalan dengan baik dibuktikan dengan pihak sekolah sudah melakukan beberapa prosedur atau aspek yakni perencanaan program pelaksanaan program kegiatan evaluasi dan tindak lanjut penilaian yang sudah dilakukan oleh sekolah. Akan tetapi terdapat juga beberapa aspek yang kurang sesuai dan kurang tepat yakni pada proses perencanaan asessmen yang dilakukan tanpa menggunakan tenaga professional dokumen dan materi pembelajaran komunikasi dan kolaborasi dengan orang tua. Disarankan kepada pihak sekolah untuk dapat terus mengembangkan program pembelajaran bina diri di sekolah dengan metode dan teknik yang lebih inovatif serta dapat meningkatkan fasilitas sarana dan prasarana guna mendukung optimalnya proses pembelajaran serta diharapkan untuk pihak sekolah dan pihak orangtua untuk lebih komunikatif secara intensif dan kolaboratif demi tercapainya kemampuan peserta didik yang lebih optimal maksimal dan mandiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267178

Actions (login required)

View Item View Item