Pengaruh metode drill terhadap keterampilan bina diri perawatan luka ringan bagi anak tunagrahita sedang Kelas IV di SLBN pembina tingkat nasional bagian C Malang / Riska Diah Mawarni - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh metode drill terhadap keterampilan bina diri perawatan luka ringan bagi anak tunagrahita sedang Kelas IV di SLBN pembina tingkat nasional bagian C Malang / Riska Diah Mawarni

Mawarni, Riska Diah (2022) Pengaruh metode drill terhadap keterampilan bina diri perawatan luka ringan bagi anak tunagrahita sedang Kelas IV di SLBN pembina tingkat nasional bagian C Malang / Riska Diah Mawarni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tunagrahita sedang adalah anak yang memiliki intelektual di bawah rata-rata yang berpengaruh pada kemampuan berpikir beradaptasi dan kemampuan menjalankan kegiatan sehari-hari. Tunagrahita sedang masih mampu diajarkan keterampilan bina diri misalnya merawat diri dan menjaga keselamatan diri. Dalam mengajar anak tunagrahita sedang perlu pengawasan penuh dan berkesinambungan.Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti di SLBN Pembina Tingkat Nasional Bagian C Malang terdapat salah seorang anak tunagrahita sedang yang aktif bermain di luar sehingga mengakibatkan anak seringkali terjatuh. Anak tunagrahita sedang tidak menyadari jika luka ringan yang dialaminya dapat mengakibatkan infeksi sehingga perlu diberikan pembelajaran keterampilan bina diri perawatan luka ringan. Salah satu metode pembelajaran yang cocok diberikan kepada anak tunagrahita sedang adalah metode drill. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan keterampilan bina diri perawatan luka ringan bagi anak tunagrahita sedang kelas IV di SLBN Pembina Tingkat Nasional Bagian C Malang pada kondisi baseline1 sebelum menggunakan metode drill 2) Mendeskripsikan keterampilan bina diri perawatan luka ringan bagi anak tunagrahita sedang kelas IV di SLBN Pembina Tingkat Nasional Bagian C Malang setelah dilakukan intervensi menggunakan metode drill dan 3) Mendeskripsikan pengaruh penggunaan metode drill terhadap keterampilan bina diri perawatan luka ringan bagi anak tunagrahita sedang kelas IV di SLBN Pembina Tingkat Nasional Bagian C Malang Desain penelitian yang digunakan adalah SSR (Single Subject Research) dengan model penelitian A-B-A. Subjek penelitian ini adalah RS berusia 11 tahun tahun yang berada pada kelas IV di SLBN Pembina Tingkat Nasional Bagian C Malang. Penelitian dilakukan menggunakan instrumen berupa tes kinerja. Tes kinerja keterampilan bina diri perawatan luka ringan meliputi mengenal alat-alat yang diperlukan dalam perawatan luka cara membersihkan luka sebelum luka diobati cara memberi obat pada luka cara membalut luka cara mengecek kondisi luka (infeksi/sembuh) dan cara melepas dan mengganti perban jika masih diperlukan. Penelitian ini menggunakan 2 anal sis data yaitu analisis data antar kondisi dan dalam kondisi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata subjek RS pada baseline1 sebelum diberikan intervensi sebesar 55 83% dan saat diberikan intervensi rata-rata subjek meningkat menjadi 77 5% begitu pula saat intervensi dihentikan rata-rata subjek tetap meningkat menjadi 92 25%. Presentasi overlap menunjukkan angka 0% yang berarti metode drill yang diterapkan memiliki pengaruh positif terhadap keterampilan bina diri perawatan luka ringan subjek. Kesimpulan penelitian ini adalah metode drill berpengaruh positif terhadap keterampilan bina diri perawatan luka ringan subjek RS di SLBN Pembina Tingkat Nasional Bagian C Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267175

Actions (login required)

View Item View Item