Pengembangan video pembelajaran vokasi telur asin asap bagi siswa SMALB Autis Laboratorium UM / Ridha Fadana Mulia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan video pembelajaran vokasi telur asin asap bagi siswa SMALB Autis Laboratorium UM / Ridha Fadana Mulia

Mulia, Ridha Fadana (2022) Pengembangan video pembelajaran vokasi telur asin asap bagi siswa SMALB Autis Laboratorium UM / Ridha Fadana Mulia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Autis menurut Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorder merupakan kondisi perkembangan yang disertai kekurangan dalam kemampuan sosial komunikasi dan ketertarikan yang terbatas. Melaksanakan pembelajaran bagi anak autis tentunya memerlukan modifikasi sesuai kebutuhan dan kemampuannya termasuk pada metode maupun media pembelajaran yang membantu memaksimalkan proses pembelajaran. Dalam hal ini penelitian ini didasari oleh hasil analisis kebutuhan siswa di sekolah yang mana mengalami kesulitan pada saat melakukan pembelajaran vokasional khususnya pada praktik membuat telur asin asap dikarenakan kondisi Pandemi Covid-19. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan menghasilkan output yang memfasilitasi media pembelajaran berbentuk video bagi murid Sekolah Luar Biasa Autis Laboratorium Universitas Negeri Malang tingkat Menengah Atas agar tetap dapat memempelajari cara membuat telur asin asap saat pembelajaran daring (online) dengan bimbingan orangtua di rumah yang dibantu oleh media pembelajaran video tersebut dan diimplementasikan keterampilannya pada saat jadwal Pertemuan Tatap Muka Terbatas (PTMT) diberlangsungkan. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode Research amp Development dengan model Borg and Gall yang telah dimodifikasi menjadi 5 tahapan yaitu (1) penelitian dan pengumpulan informasi (2) perencanaan (3) pengembangan desain produk awal (4) validasi produk awal (5) revisi produk. Subyek validasi pada penelitian ini ialah validator ahli media ahli materi ahli praktisi. Teknik analisis data menggunakan teknik persentase pada data kuantitatif dan teknik deskriptif pada data kualitatif. Produk video pembelajaran ini telah melalui tahap validasi dan uji coba produk. Validasi yang dilaksanakan oleh (1) ahli media memperoleh nilai 96% yaitu sangat layak (2) ahli materi memperoleh nilai 84% yaitu layak dan (3) ahli praktisi memperoleh nilai 92% yaitu sangat layak. Jika seluruh hasil validasi digabungkan maka media video pembelajaran yang dikembangkan oleh peneliti sangat layak untuk digunakan oleh guru maupun siswa SMALB Autis Laboratorium UM. Selain menggunakannya untuk pembelajaran luring (offline) di sekolah guru ataupun orang tua dapat menggunakannya pula sebagai media pembelajaran daring (online). Agar pemanfaatan media ini optimal diharapkan pengawasan guru/orang tua dalam penggunaannya sehingga siswa dapat fokus menyerap materi untuk dipraktikkan secara langsung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267174

Actions (login required)

View Item View Item