Implementasi penggunaan social story untuk menurunkan kecemasan dalam perubahan rutinitas bagi siswa autis kelas 6 SLBN Sengonagung / Putri Syafitri - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi penggunaan social story untuk menurunkan kecemasan dalam perubahan rutinitas bagi siswa autis kelas 6 SLBN Sengonagung / Putri Syafitri

Syafitri, Putri (2022) Implementasi penggunaan social story untuk menurunkan kecemasan dalam perubahan rutinitas bagi siswa autis kelas 6 SLBN Sengonagung / Putri Syafitri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Syafitri Putri 2022. Implementasi penggunaan social story untuk menurunkan kecemasan dalam perubahan rutinitas bagi siswa autis kelas 6 SLBN Sengonagung. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Dr. Ahsan Romadlon Junaidi M.Pd (2) Muchammad Irvan S.Pd. M.Pd Kata Kunci Autis Social Story Kecemasan Perubahan rutinitas Autis memiliki tiga permasalahan utama yakni dalam hal komunikasi perilaku dan interaksi sosial. Selain itu autis juga memiliki gangguan penyerta yakni salah satunya permasalahan dalam ranah executive function. Berdasarkan hasil observasi di SLBN Sengonagung. Ditemukan adanya siswa autis yang mengalami kekakuan dalam jadwal yang menyebabkan anak sulit beradaptasi dengan kegiatan baru dan menimbulkan kecemasan. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat kemampuan dalam perubahan rutinitas siswa autis dan untuk mendeskripsikan implementasi penggunaan social story untuk menurunkan tingkat kecemasannya yang dialami akibat permasalahan penyerta yang terjadi pada subjek. Penelitian ini menggunakan metode SSR (Single Subject Research) dengan desain A-B-A. Subjek penelitian ini adalah satu siswa autis di SLBN Sengonagung Purwosari berinisial MAF berjenis kelamin laki-laki. Instrumen yang digunakan adalah observasi dengan menggunakan lembar penilaian berupa skor tingkat kecemasan HARS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya penurunan tingkat kecemasan pada sesi intervensi dan baseline 2. Kondisi baseline-1 (A1) memperoleh nilai skor rata-rata 58 2% termasuk dalam kecemasan sedang kondisi baseline-2 (A2) memperoleh skor 33% termasuk dalam kecemasan ringan. Data overlap menunjukkzn hasil 0%. Kesimpulan dari hasil data tersebut social story memiliki pengaruh terhadap tingkat kecemasan siswa autis di SLBN Sengonagung Purwosari. Dari hasil yang telah diperoleh maka penelitian ini mampu menjadi rujukan bagi guru untuk menerapkan social story di kelas. Penelitian ini juga mampu menjadi referensi bagi peneliti selanjutnya dengan variabel dan sampel yang berbeda guna mendapatkan hasil yang lebih baik lagi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267171

Actions (login required)

View Item View Item