Pengaruh musik terhadap daya tahan konsentrasi belajar anak autis di SLB River Kids - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh musik terhadap daya tahan konsentrasi belajar anak autis di SLB River Kids

Arini, Ananda Sindi (2022) Pengaruh musik terhadap daya tahan konsentrasi belajar anak autis di SLB River Kids. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Arini Ananda Sindi. 2022. Pengaruh Musik Terhadap Daya Tahan Konsentrasi Belajar Anak Autis Di SLB River Kids.Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dr. Ahsan Romadlon Junaidi M.Pd (II) Dr. Prmono S.Pd M.Or Kata Kunci Autisme Konsentrasi Musik Anak Autis memiliki gangguan perkembangan yang mempengaruhi komunikasi interaksi sosial serta perilaku yang dapat ditandai dengan perilaku menutup diri pada anak. Kesulitan yang dialami oleh sebagian besar anak autis terletak pada pemahaman komunikasi interaksi serta kemandirian. Anak autis memiliki gayanya sendiri dalam mencerna suatu informasi dalam suatu pembelajaran. Sebagaimana yang sudah kita ketahui bahwa belajar memerlukan konsentrasi. Untuk itu diperlukan gaya belajar tersendiri dari setiap anak untuk apat lebih fokus dalam belajar. Gaya belajar juga dipengaruhi oleh situasi dan kondisi anak untuk berkonsentrasi. Dari permasalahan tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh musik bagi daya tahan konsentrasi belajar anak Autis. Apakah ada pengaruh setelah pemberian intervensi berupa musik kepada anak yang cenderung memiliki gaya belajar Audiotory Learner. Penelitian ini menggunakan desain Single Subject Research. Instrumen yang digunakan dalam penelitian Pengaruh musik terhadap daya tahan konsentrasi belajar anak autis berupa lembar observasi. Lembar observasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang daya tahan konsentrasi belajar peserta didik fungsinya adalah untuk mencatat ketahanan konsentrasi anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan daya tahan konsentrasi anak setelah diberikan intervensi berupa musik. Hal ini dapat ditunjukkan dengan hasil presentase overlap dari intervensi ke baseline -1 (A1) sebesar 0% yang berarti tidak ada tumpang tindih sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa intervensi yang telah dilakuakan berpengaruh terhadap daya tahan konsentrasi anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
M Music and Books on Music > M Music
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2022 04:29
Last Modified: 16 Aug 2023 06:56
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267167

Actions (login required)

View Item View Item