Pola asuh orang tua dalam meningkatkan perkembangan keterampilan sosial emosional siswa tunagrahita kelas 10c SLB Idayu 2 Pakis Malang / Dita Oktaviani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pola asuh orang tua dalam meningkatkan perkembangan keterampilan sosial emosional siswa tunagrahita kelas 10c SLB Idayu 2 Pakis Malang / Dita Oktaviani

Oktaviani, Dita (2022) Pola asuh orang tua dalam meningkatkan perkembangan keterampilan sosial emosional siswa tunagrahita kelas 10c SLB Idayu 2 Pakis Malang / Dita Oktaviani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Oktaviani Dita 2022. Pola Asuh Orang Tua Dalam Meningkatkan Perkembangan Keterampilan Sosial Emosional Siswa Tunagrahita Kelas 10C SLB Idayu 2 Pakis Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. H. Abdul Huda M.Pd. (2) Sopingi S.Sos M.Pd. Kata Kunci Pola asuh Sosial emosional Tunagrahita. Memiliki IQ dibawah rata-rata siswa reguler membuat anak tunagrahita banyak mengalami kesulitan dalam hal berkomunikasi berinteraksi penempatan ekspresi dan juga stabilisasi emosi. Orang tua memiliki peran yang sangat besar untuk anak tunagrahita. Pemberian stimulasi dalam rangka mengembangkan keterampilan sosial emosional anak sangatlah penting agar kelak anak dapat tumbuh dan berkembang di dalam lingkungan masyarakat tanpa adanya hambatan. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) bentuk pola asuh orang tua yang memiliki anak tunagrahita (2) cara orang tua dalam melatih meningkatkan kemampuan sosial emosional anak tunagrahita dan (3) perkembangan sosial emosional anak tunagrahita di dalam lingkungan masyarakat. Sehingga hasil dalam penelitian ini akan ditemukan bagaimana pola asuh orang tua yang lebih efektif dalam meningkatkan perkembangan keterampilan sosial emosional yang stabil pada anak tunagrahita. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif yang difokuskan pada permasalahan atas dasar fakta yang terjadi di lapangan dengan melalui metode wawancara kepada orang tua tetangga dan teman bermain subjek penelitian observasi dilakukan kepada dua subjek anak tunagrahita dan dokumentasi kegiatan anak. Penelitian ini menggunakan instrumen Penelitian berupa Pedoman Observasi Pola Asuh dan Pedoman Wawancara Keterampilan Sosial Emosional Anak Tunagrahita. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan Metode Tringulasi. Hasil peneitian menunjukkan bahwa (1) Orang Tua ABK Tunagrahita 1 dan Orang Tua ABK Tunagrahita 2 lebih cenderung menerapkan jenis pola asuh Demokratis (2) Agar keterampilan sosial emosional anak berkembang dengan baik orang tua perlu memiliki sikap terbuka pada lingkungan dengan memberikan kesempatan pada anak untuk dapat berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya namun juga tetap tegas dalam memberikan aturan untuk melindungi anak (3) perkembangan sosial emosional subjek penelitian dinilai stabil. Bagi peneliti selanjutnya peneliti merekomendasikan untuk menggali informasi terkait dengan permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh orang tua anak tunagrahita dalam mengajarkan keterampilan sosial emosional pada anak tunagrahita. Sehingga menghasilkan saran pemecahan masalah yang dapat membantu orang tua anak tunagrahita.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267166

Actions (login required)

View Item View Item