Pengaruh media sandpaper letters terhadap keterampilan mengidentifikasi huruf abjad siswa down syndrome Kelas VII di SLB Widya Shantika Karangploso / Fathimah Abidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh media sandpaper letters terhadap keterampilan mengidentifikasi huruf abjad siswa down syndrome Kelas VII di SLB Widya Shantika Karangploso / Fathimah Abidah

Abidah, Fathimah (2022) Pengaruh media sandpaper letters terhadap keterampilan mengidentifikasi huruf abjad siswa down syndrome Kelas VII di SLB Widya Shantika Karangploso / Fathimah Abidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Siswa down syndrome kelas VII SLB Widya Shantika Karangploso mengalami kesulitan dalam mengidentifikasi bentuk dan bunyi huruf abjad dengan tepat dan konsisten sehingga keterampilan mengidentifikasi huruf abjad subjek masih rendah. Subjek membutuhkan media sandpaper letters yang sesuai dengan kebutuhannya untuk dapat mempelajari huruf abjad secara konkret menarik dan sesuai dengan kebutuhannya yang dapat mengajak siswa terlibat aktif selama proses pembelajaran berlangsung. Sandpaper letters adalah media kartu huruf yang terbuat dari potongan huruf amplas yang ditempel pada papan kecil berpermukaan halus dengan aksen warna yang kontras antara huruf vokal dan konsonan yang dapat disentuh dan diraba mengikuti bentuk huruf sesuai dengan alur yang benar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan mengidentifikasi huruf abjad siswa down syndrome sebelum dan sesudah diberikan intervensi berupa media sandpaper letters serta menganalisis pengaruh media sandpaper letters dalam meningkatkan keterampilan mengidentifikasi huruf abjad siswa down syndrome kelas VII SLB Widya Shantika Karangploso. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode single subject research (SSR) dengan desain A-B-A. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan instrumen penilaian tes kinerja keterampilan mengidentifikasi huruf abjad dan observasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis studi deskriptif melalui teknik analisis visual yang terdiri dari analisis data dalam kondisi dan analisis data antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase nilai keterampilan mengidentifikasi huruf abjad pada seluruh kondisi yaitu pada kondisi baseline-1 (A1) intervensi (B) dan baseline-2 (A2) yang menandakan jika media sandpaper letters memberikan pengaruh positif untuk meningkatkan keterampilan mengidentifikasi huruf abjad siswa down syndrome kelas VII SLB Widya Shantika. Media sandpaper letters berpengaruh seseuai dengan kebutuhan siswa sehingga siswa mampu mengidentifikasi bentuk dan bunyi huruf abjad vokal dengan tepat dan konsisten dibandingkan dengan sebelum diterapkannya media sandpaper letters.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267164

Actions (login required)

View Item View Item