Praktek keterampilan vokasional tata rias wajah (make up) pada siswa tunarungu di SLB Pembina Tingkat nasional bagian c Lawang / Monalisa Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Praktek keterampilan vokasional tata rias wajah (make up) pada siswa tunarungu di SLB Pembina Tingkat nasional bagian c Lawang / Monalisa Wulandari

Wulandari, Monalisa (2022) Praktek keterampilan vokasional tata rias wajah (make up) pada siswa tunarungu di SLB Pembina Tingkat nasional bagian c Lawang / Monalisa Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wulandari Monalisa. 2022. Praktek Keterampilan Vokasional Tata Rias Wajah Pada Siswa Tunarungu. Skripsi Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Asep Sunandar S.Pd. M.AP. (2) Muchamad Irvan S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Tunarungu Vokasional Tata Rias Wajah Tunarungu dapat dibedakan berdasarkan tingkat ketunarunguan yang dialami yaitu tunarungu tingkat ringan tingkat sedang dan tingkat berat. Untuk menunjang keahlian tunarungu perlu dibekali keterampilan salah satunya adalah dengan keterampilan vokasional tata rias wajah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran keterampilan vokasional tata rias wajah pada siswa tunarungu serta tindak lanjut yang dilakukan. Proses penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari lima orang yaitu guru bidang tata rias wajah kedua orang tua siswa tunarungu. Teknik pengumpulan data adalah dengan wawancara observasi dan dokumentasi. Kemudian langkah-langkah analisis data meliputi reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Implikasi hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran vokasional tata rias wajah perlu adanya kurikulum yang lengkap sebagai acuan pembelajaran agar lebih terarah. Peserta didik tunarungu mampu melakukan vokasional tata rias wajah dengan diberikan bimbingan dan pembelajaran secara kontiniu. Guru dan orang tua berperan sangat penting untuk menunjang keberhasilan peserta didik. Tindak lanjut yang dapat dilakukan adalah dengan kegiatan magang yang bertujuan untuk memberikan pengenalan mengenai dunia kerja. Saran yang diberikan dalam penelitian ini kepada guru untuk menyusun kurikulum dengan sebagaimana mestinya. orang tua agar perlu mendukung kegiatan peserta didik baik disekolah maupun dirumah untuk meningkatkan motivasi belajarnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267163

Actions (login required)

View Item View Item