Penyelenggaraan layanan bimbingan konseling bagi anak berkebutuhan khusus di Sekolah Inklusi MTS Ar-Royyan Malang - Repositori Universitas Negeri Malang

Penyelenggaraan layanan bimbingan konseling bagi anak berkebutuhan khusus di Sekolah Inklusi MTS Ar-Royyan Malang

Ramadhanti, Desi Ambarrahmi (2022) Penyelenggaraan layanan bimbingan konseling bagi anak berkebutuhan khusus di Sekolah Inklusi MTS Ar-Royyan Malang. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bimbingan konseling menjadi salah satu komponen yang berperan dalam proses pendidikan merupakan upaya yang diberikan kepada seluruh siswa tanpa terkecuali guna membantu dan mendampingi dalam proses perkembangannya. Namun kenyataan menunjukkan masih banyak kesenjangan seperti kurangnya kemandirian anak kemampuan sosial yang kurang pelanggaran yang dilakukan siswa prestasi belajar yang kurang hingga siswa dengan kemampuan yang membutuhkan layanan dan permasalahan yang dialami siswa. Kondisi ini membuat penulis tertarik untuk mengetahui lebih jelas mengenai penyelenggaraan bimbingan konseling bagi anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusi MTs AR-Royyan. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana impelentasi layanan bimbingan konseling di MTs Ar-Royyan berkaitan dengan perencanaan penyusunan pelaksanaan melipurti 1) jenis layanan bimbingan konseling evaluasi 2) faktor-faktor yang memengaruhi penyelenggaraan layanan bimbingan konseling di MTs Ar-Royyan serta merumuskan 3) saran dan rekomendasi alternatif pengentasan. Penelitian ini dilakukan dengan metodologi kualitatif deskriptif. Penelitian dilaksanakan di MTs Ar-Royyan dengan narasumber 1 guru bimbingan konseling yang merangkap sebagai GPK dan 4 orang siswa berkebutuhan khusus. Penelitian dilakukan dengan teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Teknik wawancara digunakan untuk menggali informasi mengenai layanan bimbingan konseling bagi ABK meliputi jenis layanan perencanaan penyusunan pelaksanaan hingga evaluasi. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa MTs Ar-Royyan menyelenggarakan layanan bimbingan konseling pada perencanaan dilakukan assessment melalui teknik tes menggunakan instrument akademik sederhana dan non tes yakni observasi dan keterangan kesehatan dari dokter dan hasil tes psikologi. Pada penyusunan program disusun berdasarkan hasil assessment namun tidak tertulis secara terstruktur dan terencana. 1) dalam pelaksanaan jenis layanan yang diberikan antara lain layanan orientasi informasi penempatan dan penyaluran pembelajaran penguasaan konten konseling perorangan bimbingan kelompok konseling kelompok layanan konsultasi dan layanan mediasi 2) jenis layanan yang terlaksana dengan cukup baik antara lain layanan pembelajaran layanan penguasaan konten konseling perorangan bimbingan kelompok dan layanan konsultasi. Sedangkan layanan yang terlaksana namun belum mencapai tujuan dan belum maksimal antara lain layanan orientasi layanan informasi penempatan dan penyaluran konseling kelompok dan layanan mediasi 3) Faktor yang dapat memengaruhi layanan bimbingan konseling antara lain modal professional yang kurang sehingga layanan bimbingan konseling terselenggara bukan sebagaimana mestinya. Kurangnya kerjasama pihak sekolah khususnya dalam layanan bagi ABK. Kurangnya fasilitas sarana dan prasarana. Serta faktor instrinsik sekolah itu sendiri. Dari data hasil penelitian penulis memberikan beberapa saran dan rekomendasi antara lain memahami dan menyusun fungsi dan tugas sebagai guru pembimbing menetapkan target tujuan layanan membuat administrasi arsip dokumen pemenuhan kesiapan program inklusi menyediakan fasilitas sarana dan prasarana sesuai kebutuhan siswa membuat agenda yang jelas meningkatkan kualitas hubungan antara guru orang tua siswa staff sekolah dan siswa memenuhi modal professional sesuai bidangnya dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2022 04:29
Last Modified: 14 Aug 2023 02:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267162

Actions (login required)

View Item View Item