Hubungan pola asuh orang tua dengan motivasi belajar siswa tunagrahita di SLB BC Dharma Wanita 03 Malang / Mega Putriatul Chusna - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan pola asuh orang tua dengan motivasi belajar siswa tunagrahita di SLB BC Dharma Wanita 03 Malang / Mega Putriatul Chusna

Chusna, Mega Putriatul (2022) Hubungan pola asuh orang tua dengan motivasi belajar siswa tunagrahita di SLB BC Dharma Wanita 03 Malang / Mega Putriatul Chusna. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tunagrahita merupakan suatu kondisi anak yang memiliki kecerdasaan dibawah rata-rata yang ditandai dengan keterbatasan intelegensi dan ketidakcakapan terhadap komunikasi sosial. Kondisi tersebut menyebabkan anak tunagrahita sering mengalami kegagalan yang memunculkan kondisi learned helpleessness. Dengan kondisi yang dimiliki anak akan cenderung mudah putus asa dan tidak memiliki motivasi ketika dihadapkan pada tugas yang diberikan. Orang tua berperan penting dalam memotivasi anaknya untuk belajar dalam hal ini pola asuh orang tua yang sangat berperan. Pola asuh orang tua dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa tunagrahita sangat penting karena orang tua merupakan pendidikan paling utama dan pertama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan motivasi belajar siswa tunagrahita di SLB BC Dharma Wanita 03 Malang. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan rancangan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa tunagrahita tingkat SMP di SLB BC Dharma Wanita 03 Malang yang berjumlah 10 siswa dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 10 siswa tunagrahita dan wali murid. Terdapat dua instrumen yang digunakan yakni pola asuh orang tua dan motivasi belajar siswa. Pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara dengan skala likert pada angket dan skala guttman pada wawancara. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan analisis korelasional menggunakan program SPSS for windows versi 24.0. Hasil analisis korelasional menunjukkan bahwa terdapat nilai korelasi sebesar 0 872 yang berarti terdapat korelasi yang sangat kuat diantara variabel pola asuh orang tua dengan motivasi belajar siswa tungarahita. Maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dengan motivasi belajar siswa tunagrahita di SLB BC Dharma Wanita 03 Malang. Saran dari penelitian ini untuk orang tua diharapkan menerapkan pola asuh otoratif dalam memaksimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak tunagrahita. Pola asuh orang tua yang otoratif mampu meningkatkan motivasi belajar siswa tunagrahita.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267161

Actions (login required)

View Item View Item