Pengembangan media permainan ular tangga untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak tunarungu Kelas III SDLB River Kids Malang / Dhedek Yunita Noor Stalasha Priyani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media permainan ular tangga untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak tunarungu Kelas III SDLB River Kids Malang / Dhedek Yunita Noor Stalasha Priyani

Priyani, Dhedek Yunita Noor Stalasha (2021) Pengembangan media permainan ular tangga untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak tunarungu Kelas III SDLB River Kids Malang / Dhedek Yunita Noor Stalasha Priyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Priyani Dhedek Yunita Noor Stalasha. 2021. Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Tunarungu Kelas III SDLB River Kids Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs.Ir. Endro Wahyuno M.Si (II) Drs. Usep Kustiawan M.Sn. Tunarungu adalah seseorang yang mengalami gangguan pendengaran yang menyebabkan terganggunya proses perolehan informasi atau bahasa sebagai alat komunikasi. Besar kecil kehilangan pendengaran sangat berpengaruh terhadap kemampuan komunikasinya dalam kehidupan sehari-hari terutama berbicara dengan artikulasi yang jelas dan benar. Maka dari itu penelitian ini bertujuan (1) Menghasilkan produk media permainan berupa Permainan Ular Tangga dengan materi nama buah dan (2) Menghasilkan media pembelajaran yang dapat meningkatkan kemapuan berbicara peserta didik tunarungu kelas III di SDLB River kids Malang. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model Borg and gall (dalam Sugiyono) yang terdiri dari 7 tahap meliputi (1) penelitian dan pengumpulan informasi (2) perencanaan (3) pengembangan desain produk (4) validasi produk (5) revisi produk (6) uji coba lapangan (7) penyempurnaan produk akhir. Tahap validasi dilakukan oleh ahli media ahli materi dan ahli praktisi. Media uji coba dalam tahapan uji coba lapangan kepada 3 orang peserta didik kelas III SDLB River Kids Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berpa Permainan Ular Tangga ini sangat layak digunakan dalam meningkatkan kemampuan bicara di kelas. Terbukti dengan perolehan skor validasi dari ahli media sebesar 96% skor validasi dari ahli materi sebesar 93% dan skor validasi dari ahli praktisi sebesar 70%. Kemudian diperoleh skor rata-rata tingkat kelayakan media dari ketiga ahli tersebut sebesar 86 3% yang artinya media sangat layak untuk digunakan. Pada uji lapangan menggunakan media permainan ular tangga terjadi peningkatan rata-rata skor pre-test sebesar 68 89% menjadi 84 45% pada skor post-test. Peneliti selanjutnya juga dapat mengembangkan media permainan ular tangga dengan bahan dan alat yang lebih bagus sehinnga media tidak mudah rusak ketika digunakan dan dapat juga mengembangkan dengan materi pelajaran yang lain. Uji coba lapangan juga dapat dilakukan lebih dari satu sekolah agar dapat mengatahui apakah benar media ini sangat berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan bicara peserta didik tunarungu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267160

Actions (login required)

View Item View Item