Pelaksanaan program khusus adl (activity of daily living) siswa tunadaksa Kelas II SLB ABD Negeri Kedungkandang Malang / Aulia Lailatun Nikma - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan program khusus adl (activity of daily living) siswa tunadaksa Kelas II SLB ABD Negeri Kedungkandang Malang / Aulia Lailatun Nikma

Nikma, Aulia Lailatun (2022) Pelaksanaan program khusus adl (activity of daily living) siswa tunadaksa Kelas II SLB ABD Negeri Kedungkandang Malang / Aulia Lailatun Nikma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nikma Aulia Lailatun. 2022. Pelaksanaan Program Khusus ADL (Activity of Daily Living) Siswa Tunadaksa Kelas II SLB ABD Negeri Kedungkandang Malang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Wiwik Dwi H S.Pd M.Pd (2) Drs. M. Shodiq AM M.Pd. Kata kunci Activity Daily Living program khusus tunadaksa Berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan di kelas II SLB ABD Negeri Kedungkandang Malang diperoleh informasi bahwa program khusus activity of daily living sangat mempengaruhi pengetahuan dan keterampilan siswa terkait dengan kegiatan activity of daily living seperti mengurus diri atau merawat diri dan untuk penyesuaian diri serta mempersiapkan kemandirian bagi setiap individu. Tujuan penelitian ini yaitu untuk (1) mendeskripsikan bentuk layanan program khusus activity of daily living anak Tunadaksa (2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam mengajarkan program khusus activity of daily living anak tunadaksa (3) Untuk mendeskripsikan solusi dalam mengatasi hambatan yang muncul pada kegiatan program khusus activity of daily living anak tunadaksa. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan prosedur penelitian yang terdiri dari observasi dan wawancara. Masing-masing prosedur penelitian meliputi (1) Perencanaan (2) Pelaksanaan (3) Pengamatan (4) Evaluasi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas II tunadaksa SLB ABD Negeri Kedungkandang Malang yang terdiri dari 1 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan (1) Observasi. dan (2) Wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) layanan program khusus ADL anak tunadaksa memiliki manfaat yaitu meningkatkan pemahaman siswa terkait kegiatan activity of daily living. (2) faktor pendukung dan penghambat proses pelaksanaan program khusus ADL dimaksimalkan agar tercapainya target yang ditentukan (3) solusi dalam mengatasi hambatan pada pelaksanaan program khusus activity of daily living dilakukan dengan tujuan memaksimalkan pelaksanaan program khusus. Kesimpulan dari peneliti ini yaitu pelaksanaan program khusus activity of daily living dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan activity of daily living pada siswa kelas II tunadaksa SLB ABD Negeri Kedungkandang Malang. Dengan demikian guru diharapkan memaksimalkan pelaksanaan program khusus activity of daily living agar kemampuan siswa dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267157

Actions (login required)

View Item View Item