Analisis pembelajaran menulis permulaan pada peserta didik tunagrahita di SLBS BCG Idayu / Farra Dicha Fadzilla - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis pembelajaran menulis permulaan pada peserta didik tunagrahita di SLBS BCG Idayu / Farra Dicha Fadzilla

Fadzilla, Farra Dicha (2022) Analisis pembelajaran menulis permulaan pada peserta didik tunagrahita di SLBS BCG Idayu / Farra Dicha Fadzilla. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Anak tunagrahita seringkali mengalami kesulitan dalam pembelajaran menulis permulaan. Permasalahan ini disebabkan oleh perkembangan motorik anak yang kurang baik sehingga anak kesulitan dalam menulis dengan baik. Berdasarkan permasalahan tersebut penulis melaksanakan penelitian mengenai Analisis Pembelajaran Menulis Permulaan pada Peserta Didik Tunagrahita di SLBS BCG Idayu. Fokus dari penelitian ini meliputi perencanaan pembelajaran pelaksanaan pembelajaran evaluasi hasil belajar dan upaya peningkatan kemampuan menulis permulaan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian meliputi guru kelas dan siswa dengan hambatan tunagrahita kelas rendah. Objek penelitian yakni bagaimana guru menyusun perencanaan pelaksanaan kegiatan pembelajaran menulis permulaan evaluasi hasil belajar siswa serta upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan siswa. Tempat penelitian di SLBS BCG Idayu Kota Malang. Metode pengumpulan data meliputi observasi wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif sesuai dengan teknik Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan (1) perencanaan menulis permulaan bagi anak tunagrahita di SLBS BCG Idayu diawali dengan asesmen. Hasil tersebut akan dijadikan sebagai bahan evaluasi dalam menyusun dan membuat program pembelajaran berupa Rancangan Program Pembelajaran (RPP) sesuai dengan Kurikulum 2013 (2) pelaksanaan menulis permulaan bagi anak tunagrahita di SLBS BCG Idayu menggunakan model pembelajaran secara individual. Pengkondisian tempat duduk siswa di kelas berhadapan langsung dengan guru (3) evaluasi pembelajaran berupa laporan perkembangan siswa berupa foto dan video pada setiap sepulang sekolah dan raport yang disusun dalam satu semester (4) upaya meningkatkan kemampuan menulis permulaan tunagrahita yaitu latihan menulis permulaan dengan menyediakan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267156

Actions (login required)

View Item View Item