Pengembangan buku hitung interaktif dalam pembelajaran penjumlahan sederhana bagi anak autis di SLB Autis Laboratorium Universitas Negeri Malang / Qanaiya Yosheila Kinasih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku hitung interaktif dalam pembelajaran penjumlahan sederhana bagi anak autis di SLB Autis Laboratorium Universitas Negeri Malang / Qanaiya Yosheila Kinasih

Kinasih, Qanaiya Yosheila (2022) Pengembangan buku hitung interaktif dalam pembelajaran penjumlahan sederhana bagi anak autis di SLB Autis Laboratorium Universitas Negeri Malang / Qanaiya Yosheila Kinasih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Autisme adalah gangguan perkembangan yang secara umum tampak di tiga tahun pertama kehidupan anak. Gangguan ini berpengaruh pada komunikasi interaksi sosial imajinasi dan sikap. Hambatan tersebut juga berdampak pada kemampuan anak dalam menerima pelajaran. Buku hitung interaktif merupakan sebuah media pembelajaran bagi anak autis untuk belajar penjumlahan sederhana dengan menarik dan mudah. Oleh karena itu perlu dikembangkan buku hitung interaktif dalam penjumlahan sederhana bagi anak autis di Sekolah Luar Biasa maupun sekolah inklusi. Tujuan penelitian dan pengembangan ini dalah untuk menghasilkan buku hitung interaktif dalam penjumlahan sederhana bagi anak autis yang dapat digunakan guru saat melaksanakan pembelajaran penjumlahan sederhana di SLB Autis Laboratorium Universitas Negeri Malang. Dengan adaya buku hitung interaktif ini diharapkan guru dan siswa dapat memiliki pengalaman belajar mengjar yang lebih efektif. Penelitian dan pengembangan buku hitung interaktif ini menggunakan model Borg and Gall (dalam Sukmadinata) yang terdiri dari 7 tahap yang meliputi (1) penelitian dan pengumpulan informasi (2) perencanaan (3) pengembangan desain produk awal (4) validasi produk (5) revisi produk (6) revisi produk akhir (7) hasil akhir pengembangan. Subyek validasi pada penelitian ini adalah ahli media ahli materi dan ahli praktisi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik persentase pada data kuantitatif dan teknik deskriptif pada data kualitatif. Hasil validasi ahli media 100% ahli materi 85 2% dan ahli praktisi 85%. Buku hitung interaktif ini telah memenuhi karakteristik pengembangan buku hitung interaktif. Buku hitung interaktif efektif digunakan guru untuk pembelajaran penjumlahan sederhana. Saran bagi guru guru sebaiknya memahami isi buku hitung interaktif sebelum melaksanakan pembelajaran penjumlahan sederhana agar pembelajaran dapat terlaksana secara efektif dan efisien. Guru diharapkan dapat melaksanakan dengan baik pembelajaran penjumlahan sederhana dengan memanfaatkan media buku hitung interaktif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jul 2022 04:29
Last Modified: 13 Jan 2023 01:36
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267144

Actions (login required)

View Item View Item