Implementasi pembelajaran outing class sebagai sarana pengembangan kemampuan interaksi sosial pada siswa autis di SLB Autis Laboratorium UM / Putri Sismaya Dewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pembelajaran outing class sebagai sarana pengembangan kemampuan interaksi sosial pada siswa autis di SLB Autis Laboratorium UM / Putri Sismaya Dewi

Dewi, Putri Sismaya (2022) Implementasi pembelajaran outing class sebagai sarana pengembangan kemampuan interaksi sosial pada siswa autis di SLB Autis Laboratorium UM / Putri Sismaya Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Dewi Putri Sismaya. 2022. Implementasi Pembelajaran Outing Class Sebagai Sarana Pengembangan Kemampuan Interaksi Sosial Pada Siswa Autis Di SLB Autis Laboratorium Um. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Abdul Huda M.Pd (II) Usep Kustiawan M.Sn. Kata Kunci autis interaksi sosial pembelajaran outing class Penyandang Autis atau Autistic Spectrum Disorder (ASD) merupakan seseorang yang memiliki gangguan perkembangan yang mempengaruhi beberapa aspek seperti dalam bidang bicara komunikasi interaksi sosial sensoris perilaku serta emosi ketika belajar dari pengalaman dengan lingkungan sekitarnya. Anak autis memiliki keterbatasan dalam berkomunikasi dan mengalami kesulitan ketika berinteraksi dengan dunia luar. Anak Autis cenderung memiliki perilaku yang berbeda dengan orang pada umumnya terlihat tidak memperdulikan lingkungan disekitarnya serta lebih senang menyendiri seakan ia hidup di dunianya sendiri. Penyandang autis mengalami gangguan dalam interaksi sosial yang timbal balik seperti tidak mampu menjalin interaksi sosial yang memadai karena adanya kontak mata yang kurang ekspresi wajah yang kurang hidup gerak gerik yang kurang tertuju tidak dapat merasakan apa yang dirasakan orang lain serta kurangnya hubungan sosial dan emosional yang timbal balik. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti tertarik melaksanakan penelitian mengenai implementasi pembelajaran outing class untuk meningkatkan kemampuan interaksi sosial bagi siswa autis d SLB Autis Laboratorium UM. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data yang memberikan gambaran untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan kegiatan outing class sebagai sarana meningkatkan kemampuan interaksi sosial pada siswa autis di SLB Autis Laboratorium UM. Rancangan penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian deskriptif yaitu bentuk penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan sebuah kejadian atau fenomena yang terjadi baik fenomena alamiah atau rekayasa manusia melalui data yang telah dikumpulkan sebagaimana adanya. Penelitian kualitatif yaitu metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat postpositivme dimana peneliti adalah sebagai instrument kunci teknik pengumpulan dengan menggunakan cara trianggulasi (gabungan) analisis data bersifat induktif dan penelitian kualitatif lebih menekankan makna daripada generalisasi. Dalam proses pengumpulan data instrumen yang dipilih peneliti adalah wawancara observasi dan dokumentasi. Observasi dilakukan di sekolah wawancara dilakukan dengan guru dan orang tua siswa serta pengumpulan dokumentasi yang diperlukan saat penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran pelaksanaan pembelajaran outing class diawali dari persiapan sampai dengan tindak lanjut. Persiapan berupa persiapan alat dan bahan serta perencanaan pelaksanaan pembelajaran. Sedangkan pelaksanaannya dilakukan sesuai dengan perencanaan pelaksanaan pembelajaran yang sudah dilaksanakan sebelumnya. Tindak lanjut dari pembelajaran outing class tersebut adalah evaluasi pelaksanaan pembelajaran meningkatkan tujuan pembelajaran selanjutnya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kegiatan pembelajaran outing class menjadi salah satu program khusus dalam meningkatkan kemampuan interaksi sosial siswa. Langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran outing class terdiri dari perencanaan pembelajaran outing class dan pelaksanaan pembelajaran outing class serta evaluasi. Terdapat hambatan-hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran outing class yang kemudian ditemukan solusinya oleh guru selaku penanggung jawab dan pendamping dalam pelaksanaan pembelajaran outing class.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jul 2022 04:29
Last Modified: 01 Apr 2024 04:11
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267143

Actions (login required)

View Item View Item