Pengembangan buku panduan keterampilan vokasi membuat cupcake di SLB Idayu 1 Kota Malang / Nadia Ayu Amalia Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku panduan keterampilan vokasi membuat cupcake di SLB Idayu 1 Kota Malang / Nadia Ayu Amalia Putri

Putri, Nadia Ayu Amalia (2022) Pengembangan buku panduan keterampilan vokasi membuat cupcake di SLB Idayu 1 Kota Malang / Nadia Ayu Amalia Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Buku panduan ini dibuat menggunakan desain animasi untuk mendukung penjelasan pada buku panduan sehingga mempermudah pembelajaran dalam mempraktekkan pembuatan cupcake. Hasil observasi didapatkan bahwa pembelajaran vokasional dilakukan dengan metode penjelasan secara langsung tanpa menggunakan media pembelajaran maupun bahan ajar. Berdasarkan permasalahan tersebut penulis melakukan penelitian mengenai pengembangan buku panduan untuk tunagrahita ringan dalam keterampilan vokasi membuat cupcake. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu produk pengembangan buku panduan keterampilan vokasi membuat cupcake berdasarkan penilaian uji validasi ahli media ahli materi dan praktisi serta penilaian uji skala besar dan skala kecil. Peneltian ini menggunakan metode R amp D model ADDIE dengan menggunakan lima tahapan yakni analisys desain developmen implmentasi dan evaluasi. Analisis dibagi menjadi dua analisis kebutuhan dan analis pembelajaran. desain merupakan rancangan pengembangan produk pengembangan buku panduan keterampilan membuat cupcake. Develop merupakan pengembangan media berdasarkan penilaian yang telah dilakukan dalam uji validasi. Evaluasi merupakan tahapan revisi setalah dilaksanakan uji skala besar dan kecil setelah dilakukan penilaian uji validasi. Hasil penilitian ini adalah menghasilkan uji kelayakan validasi ahli media dengan skor 87.5% merupakan kategori ldquo Sangat Layak rdquo untuk digunakan dalam pembelajaran. Validasi ahli materi dengan skor 90% merupakan kategori ldquo Sangat Layak rdquo digunakan dalam pembelajaran. Praktisi dengan skor 92% merupakan kategori ldquo Sangat Layak rdquo digunakan dalam pembelajaran. tahap implementasi dengan melakukan uji skala besar dan kecil yang menghasilkan pre- test 64% dan post test skor 87% untuk uji coba skala besar dan 94% untuk uji coba skala kecil pre test 60.5% post tes sebesar 89%. Saran untuk siswa agar mempelajari materi yang ada didalam buku panduan keterampilan membuat cupcake dan mempraktekkan kembali apa yang sudah dipelajari agar melatih kemampuan keterampilan memasak khususnya membuat cupcake.Saran untuk guru agar menggunakan bahan ajar buku panduan keterampilan membuat cupcake ini ketika sedang mengajarkan pembuatan cupcake. Untuk pengembang berikutnya diharapkan mampu menciptakan buku panduan atau bahan ajar lainnya yang berkaitan dengan ekstrakulikuler di SLB dengan lebih variatif dan lebih menarik dan sesuai dengan karakteristik siswa yang dituju.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267142

Actions (login required)

View Item View Item