Pengembangan media video tari "dongklak" untuk penunjang ekstrakurikuler seni tari bagi Siswa Tunarungu di SDLB Idayu 1 Malang / Elia Susanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media video tari "dongklak" untuk penunjang ekstrakurikuler seni tari bagi Siswa Tunarungu di SDLB Idayu 1 Malang / Elia Susanti

Susanti, Elia (2022) Pengembangan media video tari "dongklak" untuk penunjang ekstrakurikuler seni tari bagi Siswa Tunarungu di SDLB Idayu 1 Malang / Elia Susanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Media video panduan tari Dongklak merupakan media pembelajaran yang telah di susun sesuai dengan karakteristik dari siswa tunarungu. Sehingga video panduan tari ini dibuat dengan desain menarik yang dapat memudahkan siswa untuk meniru setiap ragam gerak yang ada pada tari Dongklak. Hasil observasi yang dilakukan di SDLB Idayu 1 didapatkan bahwa pada pembelajaran seni tari tidak menggunakan bahan ajar ketika proses pembelajaran. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menghasilkan media pembelajaran guna menjadikan sumber belajar di dalam kelas serta memudahkan siswa tunarungu dalam memahami materi seni tari. Selain itu tujuan pengembangan produk media untuk menghasilkan media pembelajaran berupa Pengembangan Media Video Panduan Tari Dongklak Untuk Penunjang Ekstrakurikuler Seni Tari Bagi Siswa Tunarungu Di SDLB Idayu 1. Metode yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan yaitu menggunakan langkah-langkah penelitian dan pengembangan (research and development-R amp D) Borg amp Gall. Berdasarkan teori Borg amp Gall disederhanakan menjadi 5 langkah dalam pembuatan produk yaitu (1) Potensi dan Masalah (2) Desain Produk (3) Uji Coba Awal (4) Validasi Produk (5) Revisi Produk. Hasil penelitian pengembangan Media Video Panduan Tari Dongklak menunjukkan bahwa skor yang di peroleh dari validasi ahli media 95% (sangat layak) ahli materi 90% (sangat layak) praktisi 83% (sangat layak). Secara keseluruhan media video panduan tari Dongklak yang telah dikembangkan oleh peneliti termasuk dalam kategori sangat layak. Berdasarkan aspek media aspek materi dan aspek pembelajaran yang telah divalidasi oleh ahli media ahli materi dan ahli praktisi media video panduan tari Dongklak mendapatkan skor rata-rata 89% dan telah memenuhi kriteria sangat layak. Saran yang diberikan untuk guru adalah dapat meggunakan media video panduan tari ini ketika sedang melatih siswa menari.. Saran untuk peserta didik dapat mempelajari tari Dongklak melalui video panduan dan lebih memperkuat ragam gerak sehingga dapat memperoleh keuntungannya. Dan saran untuk peneliti selanjutnya diharapkan mampu menciptakan media atau bahan ajar dengan lebih variatif dan lebih menarik sesuai dengan karakter siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa media video panduan tari Dongklak untuk penunjang ekstrakurikuler seni tari bagi siswa tunarungu di SDLB Idayu 1.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2022 04:29
Last Modified: 20 Dec 2023 07:19
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267141

Actions (login required)

View Item View Item