Studi kasus tentang aksesibilitas fasilitas publik yang ramah disabilitas di Kota Malang / Yosie Metta Dhammayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi kasus tentang aksesibilitas fasilitas publik yang ramah disabilitas di Kota Malang / Yosie Metta Dhammayanti

Dhammayanti, Yosie Metta (2021) Studi kasus tentang aksesibilitas fasilitas publik yang ramah disabilitas di Kota Malang / Yosie Metta Dhammayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penyandang disabilitas di kota Malang belum sepenuhnya mendapatkan kemudahan dalam mengakses dan memanfaatkan fasilitas publik yang telah disediakan oleh pemerintah . Salah satunya adalah belum adanya kemudahan da- lam mengakses moda transportasi. Hal itu disebabkan oleh fasilitas pada yang ada masih belum memenuhi standar kemudahan bagi para penumpang penyandang disabilitas seperti tunanetra yang sangat memerlukan guiding block untuk berjalan serta mengetahui keadaan jalan yang dilalui oleh Kemudian tunadaksa yang membutuhkan bidang miring .Sehingga jika pemerintah tidak menyediakan guid- ing block dan bidang miring di dalam fasilitas publik maka menyulitkan untuk mereka dalam mengakses. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan persepsi disabili- tas mengenai aksesibilitas fasilitas public di kota Malang hal ini dapat dilihat dari fasilitas yang telah disediakan oleh pemerintah koa Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik cara pengumpulan data observasi dan wawancara. Subyek penelitian terdiri dari 10 narasumber yang terdiri 3 mahasiswa disabilitas 1 Ojek online 1 Sopir angkutan 1 kernet bis 1 Kepala Agen bis luar kota 1pemilik Cafe 1 Kepala stasiun kota Ma- lang 1Pengunjung pasar oro-oro dowo. Data analisis menggunakan langkah- langkah reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Teknik keabsahan data menggunakan skala likert.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 73% failitas public yang ada di Kota Malang sudah memadai untuk para disabilitas. Fasilitas yang memadai tersebut dapat dilihat dari stasiun dan terminal yang menyediakan guiding block serta bidang miring untuk disabilitas. Dan dari tahun ke tahun fasilitas yang ada di kota Malang ini mengalami peningkatan dalam infrastruktur pendukung disabilitas.Saran dari peneltitian ini adalah sebaiknya pemerintah terus meningkatkan kualitas dan kuantitas dalam fasilitas yang ada serta dalam pembangunan fasilitas yang ramah disabilitas diharapkan selalu mempertimbangkan standart kenya- manan dan keamanan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267140

Actions (login required)

View Item View Item