Pengembangan multimedia interaktif berbasis android untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa tunarungu di SLB BC Dharma Wanita 03 Malang. / Intan Yuniarsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif berbasis android untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa tunarungu di SLB BC Dharma Wanita 03 Malang. / Intan Yuniarsih

Yuniarsih, Intan (2022) Pengembangan multimedia interaktif berbasis android untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa tunarungu di SLB BC Dharma Wanita 03 Malang. / Intan Yuniarsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Multimedia interaktif didesain berdasarkan adanya analisis kebutuhan serta analisis awal dan akhir yang dilakukan di SLB BC Dharma Wanita 03 Malang khususnya pada siswa tunarungu. Dari analisis didapatkan hasil bahwa masih minimnya penguasaan kosakata pada siswa. Siswa belum mampu menyusun huruf menjadi kata yang benar sehingga kesulitan dalam menuliskan ataupun mengucapkan kata dengan baik. Dalam kegiatan pembelajaran kosakata biasanya guru menggunakan kartu gambar. Sekolah sudah memberikan fasilitas kepada guru yaitu diberikan tablet berbasis android untuk menunjang adanya pembelajaran sehingga pembelajaran juga bisa maksimal. Guru mampu mengoperasikan tablet dengan baik namun belum adanya aplikasi yang sesuai dengan karakteristik siswa.. Dari kebutuhan tersebut maka dikembangkan multimedia interaktif berbasis android dalam bentuk aplikasi yang berjudul ldquo kata bendaku rdquo . Penelitian ini menggunakan metode (Research and Development) dengan model yang dikembangkan oleh Lee dan Owens. Ada 5 tahap Penelitian dan Pengembangan ini yaitu (1) Tahap Analisis yang terbagi menjadi analisis kebutuhan serta analisis awal dan akhir (2) Tahap Desain (3) Tahap Pengembangan (4) Tahap Implementasi (5) Tahap Evaluasi. Tahap analisis merupakan tahap awal yang sudah dijelaskan secara singkat di awal. Tahap desain yaitu merancang spesifikasi produk dan membuat storyboard. Sedangkan tahap pengembangan merupakan tahapan membuat aplikasi. Dilanjutkan dengan tahap implementasi merupakan tahapan validasi kepada ahli media ahli materi serta ahli praktisi yang kemudian diujicobakan kepada siswa. Tahap akhir yaitu tahap evaluasi merupakan tahap revisi produk. Hasil penelitian ini adalah menghasilkan uji kelayakan validasi dari ahli media yaitu dengan rata ndash rata 95 8 % ahli materi yaitu 93 7% untuk ahli praktisi yaitu 99 2% dan untuk uji coba didapatkan hasil 95 5%. Kesimpulan dari hasil tersebut nilai gabungan dari validator yang diperoleh adalah 96 2 % dapat dikategorikan sangat valid dan dapat digunakan dalam pembelajaran kosakata yang bertujuan untuk meningkatkan penguasaan kosakata pada siswa. Saran untuk guru Aplikasi ldquo Kata Bendaku rdquo dapat dimanfaatkan sebagai media yang membantu dalam menyampaikan materi kata benda. Saran untuk siswa agar mempelajari materi yang ada dalam aplikasi sehingga dapat meningkatkan penguasaan kata benda yang ada disekitar baik dari penulisan maupun pengucapan sehingga tidak terbatas hanya dengan isyarat yang dimiliki. Saran untuk pengembang selanjutnya adalah menambahkan fitur yang belum ada pada aplikasi serta menambahkan materi yang disesuaikan dengan karakteristik siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267133

Actions (login required)

View Item View Item