Pemanfaatan buku penghubung pada autis di SLB Autis Laboratorium Universitas Negeri Malang / Nur Wagis Mulyawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan buku penghubung pada autis di SLB Autis Laboratorium Universitas Negeri Malang / Nur Wagis Mulyawati

Mulyawati, Nur Wagis (2022) Pemanfaatan buku penghubung pada autis di SLB Autis Laboratorium Universitas Negeri Malang / Nur Wagis Mulyawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mulyawati Nur Wagis. 2022. Pemanfaatan Buku Penghubung Pada Autis di SLB Autis Laboratorium Universitas Negeri Malang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Abdul Huda M.Pd (II) Sopingi S.Sos M.Pd. Kata Kunci buku penghubung autis guru dan orangtua Anak dengan hambatan autis adalah anak dengan gangguan interaksi sosial komunikasi dan tingkah laku. Pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus lebih membutuhkan penanganan dari berbagai pihak baik dari pihak sekolah maupun keluarga. Oleh karena itu perlu adanya media untuk menjalin kerja sama dan komunikasi yang baik salah satunya yaitu buku penghubung. Buku penghubung adalah buku harian yang dipergunakan untuk komunikasi antara guru dan orangtua berisi kegiatan harian anak. Hubungan kerja sama dan komunikasi yang baik antara guru dan orangtua dalam menyelaraskan presepsi memiliki pengaruh terhadap pengoptimalan perkembangan anak. Penggunaan buku penghubung mengalami keterbatasan akibat pandemi. Melihat pentingnya buku penghubung dalam menjalin komunikasi dan kerja sama guru dan orangtua tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan pemanfaatan buku penghubung pada autis dilihat dari penggunaan pada pembelajaran daring masa pandemi dan pembelajaran tatap muka pasca pandemi. Rancanagan penelitian ini ialah kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian kualitatif ialah penelitian yang menyelidiki suatu isu dengan cara membangun makna berdasarkan pandangan dari para informan maupun pengumpulan dokumentasi teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi wawancara serta dokumentasi. Sumber data serta lokasi penelitian yang digunakan adalah guru dan orangtua di SLB Autis Laboratorium Universitas Negeri Malang. Penelitian ini menghasilkan (1) penggunaan buku penghubung masa pandemi mengalami hambatan secara kondisi sehingga terbentuk modifikasi fungsi buku penghubung secara daring dengan faktor pendukung yaitu peran orangtua dan terjalinnya komunikasi dengan guru melalui media sosial (2) penggunaan buku penghubung pasca pandemi digunakan untuk mengkomunikasikan kegiatan harian anak. Orangtua yang mengalami keterbatasan waktu dapat diatasi dengan diskusi langsung maupun melalui media sosial pemanfaatan buku penghubung di SLB Autis Laboratorium Universitas Negeri Malang bagi guru dan orangtua yaitu sebagai media informasi akademik kemandirian dan perilaku serta sebagai media komunikasi dan juga dokumentasi. Saran bagi civitas akademika melihat pentingnya buku penghubung dan semakin pesatnya kemajuan teknologi sehingga perlu adanya pengembangan buku penghubung berbasis teknologi kedepannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267132

Actions (login required)

View Item View Item