Pengaruh pembelajaran berbantuan media video sintdeaf (self introduction for deaf kids) meningkatkan akurasi kemampuan berbahasa isyarat peserta didik tunarungu Kelas I di SLB Eka Mandiri Kota Batu / Yulika Andriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran berbantuan media video sintdeaf (self introduction for deaf kids) meningkatkan akurasi kemampuan berbahasa isyarat peserta didik tunarungu Kelas I di SLB Eka Mandiri Kota Batu / Yulika Andriani

Andriani, Yulika (2022) Pengaruh pembelajaran berbantuan media video sintdeaf (self introduction for deaf kids) meningkatkan akurasi kemampuan berbahasa isyarat peserta didik tunarungu Kelas I di SLB Eka Mandiri Kota Batu / Yulika Andriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bahasa isyarat termasuk dalam bahasa ekspresif yang merupakan salah satu tahapan pengenalan konsep yang harus dikenalkan kepada anak tunarungu dengan disesuaikan dengan usia dan kemampuan anak. Peserta didik termasuk tunarungu pre-lingual di lingkungan rumah peserta didik tidak mendapatkan pembelajaran bahasa isyarat pembelajaran di sekolah terbatas dikarenakan pandemic Covid-19 dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhannya terbatas. Media video merupakan salah satu media yang dapat dimanfaatkan oleh peserta didik tunarungu dengan memaksimalkan indera penglihatannya dan dapat membantu peserta didik tunarungu dalam mempelajari kata bahasa isyarat yang sesuai pedoman pada video tersebut. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan meliputi (1) untuk mengetahui ketepatan berbahasa isyarat peserta didik tunarungu kelas I di SLB Eka Mandiri Kota Batu sebelum menggunkan media video SINTDEAF (Self Introduction for Deaf Kids) (2) untuk mendeskripsikan ketepatan berbahasa isyarat peserta didik tunarungu kelas I di SLB Eka Mandiri Kota Batu setelah menggunkan media video SINTDEAF (Self Introduction for Deaf Kids) (3) untuk menganalisis pengaruh media SINTDEAF (Self Introduction for Deaf Kids) peserta didik tunarungu kelas I di SLB Eka Mandiri Kota Batu. Metode penelitian ini yaitu eksperimen dengan bentuk Single Subject Research (SSR) desain A-B-A. Instrumen penelitian berupa instrumen kinerja ketepatan berbahasa isyarat dan pedoman observasi dengan menggunakan teknik analisis data statistik deskriptif yang meliputi analisis dalam kondisi dan antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh media video SINTDEAF (Self Introduction for Deaf Kids) terhadap ketepatan berbahasa isyarat peserta didik tunarungu dengan perolehan skor berkisar antara 58%-63% pada kondisi baseline pertama (A1) 88%-93% pada kondisi intervensi (B) 92%-93% pada kondisi baseline kedua (A2). Perolehan presentase overlap 0% dan adanya peningkatan skor terhadap ketepatan berbahasa isyarat pada kondisi baseline kedua (A2) mengindikasikan media video SINTDEAF (Self Introduction for Deaf Kids) berpengaruh terhadap ketepatan berbahasa isyarat peserta didik tunarungu kelas I di SLB Eka Mandiri Kota Batu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jun 2022 04:29
Last Modified: 19 Dec 2022 03:33
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267129

Actions (login required)

View Item View Item