Pengaruh media 247 fine motor grab box (247 fm g-box) terhadap kemampuan motorik halus menggenggam siswa tunagrahita ringan Kelas IV di SLB Dharma wanita 03 Malang / Tata Gading Jatiningsiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh media 247 fine motor grab box (247 fm g-box) terhadap kemampuan motorik halus menggenggam siswa tunagrahita ringan Kelas IV di SLB Dharma wanita 03 Malang / Tata Gading Jatiningsiwi

Jatiningsiwi, Tata Gading (2022) Pengaruh media 247 fine motor grab box (247 fm g-box) terhadap kemampuan motorik halus menggenggam siswa tunagrahita ringan Kelas IV di SLB Dharma wanita 03 Malang / Tata Gading Jatiningsiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengembangan metode pembelajaran dalam pendidikan dan perkembangan anak semakin banyak seiring waktu. Metode pembelajaran yang sering digunakan untuk anak usia dini dan sekolah dasar ialah metode permainan. Salah satu contoh metode permainan yaitu permainan montessori. Permainan montessori juga dapat dikembangkan dalam pembelajaran akademik. Terdapat banyak contoh permainan montessori untuk perkembangan motorik dan sensorik anak seperti puzzle pasir lego dan pompom. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah peningkatan kemampuan motorik halus menggenggam siswa menggunakan media 24.7 FM G-Box. Metode yang digunakan ialah metode eksperimen melalui Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A dan analisis time series. Subjek penelitian ialah satu siswa tunagrahita kelas IV yang memiliki hambatan motorik halus menggenggam. Analisis data yang dilakukan ialah analisis dalam kondisi antar kondisi uji wilcoxon serta uji n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui wilcoxon rank sum test diketahui bahwa terdapat perbedaan signifikan kemampuan motorik halus menggenggam siswa tunagrahita antara menggunakan media kolase dengan 24.7 FM G-Box. Melalui uji n-gain diketahui bahwa peningkatan kemampuan motorik halus siswa menggunakan media kolase sebesar 10% dan peningkatan kemampuan motorik halus siswa menggunakan media 24.7 FM G-Box sebesar 89%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan kemampuan motorik halus menggenggam siswa tunagrahita sebesar 89% ketika menggunakan media 24.7 FM G-Box.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Jun 2022 04:29
Last Modified: 21 Dec 2022 00:58
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267125

Actions (login required)

View Item View Item