Studi komparatif pola asuh orang tua terhadap keterampilan sosial siswa tunarungu Kelas V SDLB Sumber Dharma Malang / Alfi Hidayah - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi komparatif pola asuh orang tua terhadap keterampilan sosial siswa tunarungu Kelas V SDLB Sumber Dharma Malang / Alfi Hidayah

Hidayah, Alfi (2022) Studi komparatif pola asuh orang tua terhadap keterampilan sosial siswa tunarungu Kelas V SDLB Sumber Dharma Malang / Alfi Hidayah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keterampilan Sosial merupakan kemampuan individu untuk mengadakan interaksi sosial dengan individu lain. Orang tua sebagai pendidik pertama bagi individu memegang peran penting dalam mengajarkan dan melatih keterampilan sosial anak. Hambatan pendengaran yang dialami anak tunarungu memberikan dampak terhadap perbedaan bentuk bahasa antara tunarungu dengan individu normal. Hal tersebut memberikan tantangan bagi orang tua anak tunarungu dalam mengajarkan Keterampilan sosial pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pola asuh orang tua anak tunarungu dalam melatih keterampilan sosial anak tunarungu kemudian dilakukan komparasi antara Pola Asuh Orang Tua ABK Tunarungu 1 dengan Pola Asuh ABK Tunarungu 2 dalam mengajarkan Keterampilan sosial untuk mencari persamaan dan perbedaan serta menemukan saran pola asuh yang efektif untuk melatih keterampilan sosial anak tunarungu. Rancangan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif komparatif. Proses pengumpulan data menggunakan metode Observasi Dokumentasi dan Wawancara menggunakan Instrumen Penelitian berupa Pedoman Observasi Pola Asuh dan Pedoman Wawancara Keterampilan Sosial Anak Tunarungu. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan Metode Triangulasi Hasil penelitian menunjukkan bahwa Orang Tua ABK Tunarungu 1 dan ABK Tunarungu 2 cenderung menerapkan pola asuh Demokratis. Pola Asuh yang diterapkan memiliki persamaan dalam melatih keterampilan sosial pada aspek Kerjasama Tanggung Jawab Kontrol diri dan keikutsertaan atau partisipasi sosial. Memiliki perbedaan pada aspek komunikasi empati cara menyikapi keinginan dan amarah anak. Agar keterampilan sosial anak berkembang dengan baik orang tua perlu memiliki sikap terbuka pada lingkungan memberikan kesempatan pada anak untuk berinteraksi dengan lingkungan namun tetap tegas dalam memberikan aturan untuk melindungi anak. Bagi peneliti selanjutnya peneliti merekomendasikan untuk menggali informasi terkait permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh orang tua anak tunarungu dalam mengajarkan keterampilan sosial pada anak. Sehingga menghasilkan saran pemecahan masalah yang dapat membantu orang tua anak tunarungu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267124

Actions (login required)

View Item View Item