Pengaruh penggunaan media kartu fobi (fonem bahasa indonesia) dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa down syndrome kelas viii di SLB Widya Shantika / Sabila Pratiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan media kartu fobi (fonem bahasa indonesia) dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa down syndrome kelas viii di SLB Widya Shantika / Sabila Pratiwi

Pratiwi, Sabila (2022) Pengaruh penggunaan media kartu fobi (fonem bahasa indonesia) dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa down syndrome kelas viii di SLB Widya Shantika / Sabila Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pratiwi. Sabila. 2022. Pengaruh Penggunaan Media Kartu FOBI (Fonem Bahasa Indonesia) Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Down Syndrome Kelas VIII Di SLB Widya Shantika. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Mohammad Efendi M.Pd M.Kes dan (II) Dr. H. Ahmad Samawi M.Hum. Kata Kunci Down Syndrome Kemampuan Membaca Permulaan Media Kartu FOBI (Fonem Bahasa Indonesia) Down syndrome memiliki kesulitan dalam beberapa aspek salah satu yang perlu menjadi perhatian ialah kemampuan kognitifnya. Aktifitas ini berkaitan dengan kemampuan membaca down syndrome yang masih kurang dan perlu adanya pembelajaran yang efisien serta menggunakan media sebagai salah satu cara efektif tercapainya tujuan tersebut. Tujuan pada penelitian ini ialah untuk (1) mendeskripsikan kemampuan anak sebelum diberikan perlakuan atau yang disebut baseline-1 (A1) (2) mendeskripsikan kemampuan anak setelah adanya perlakuan yang dideskripsikan dalam hasil data intervensi (B) dan baseline-2 (A2) dan (3) untuk mendeskripsikan pengaruh peggunaan media kartu FOBI (Fonem Bahasa Indonesia) dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa down syndrome kelas VIII di SLB Widya Shantika. Penelitian ini menggunakan metode SSR (Single Subject Research) dengan desain A-B-A. Hasil penelitian menunjukkan adanya persentase overlap pada baseline-1 (A1) dan intervensi (B) sebesar 0%. persentase ke stabilan bernilai 100% dan memiliki perubahan level yang menunjukkan arah peningkatan positif. Hasil perhitungan tersebut dapat diketahui bahwa adanya pengaruh dalam peningkatan kemampuan target behaviour. Hasil yang ada menunjukkan bahwa pada sesi baseline-1 memiliki hasil rendah pada intervensi memiliki nilai yang tinggi hingga 90% dan sedangkan pada baseline-2 memiliki nilai yang lebih tinggi dari pada sesi baseline-1. Data dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media kartu FOBI (Fonem Bahasa Indonesia) memiliki pengaruh dalam meningkatkan kemampuan down syndrome kelas VIII di SLB Widya Shantika dan penggunaan media ini dapat terus dilakukan dan diperbaiki mengingat memiliki dampak yang baik dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267122

Actions (login required)

View Item View Item