Pengaruh hots games terhadap pembelajaran bahasa inggris pada anak tunadaksa kelas IX SMPLB di SLB ABD Kedungkandang Malang / Fatima Bunga Imani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh hots games terhadap pembelajaran bahasa inggris pada anak tunadaksa kelas IX SMPLB di SLB ABD Kedungkandang Malang / Fatima Bunga Imani

Imani, Fatima Bunga (2021) Pengaruh hots games terhadap pembelajaran bahasa inggris pada anak tunadaksa kelas IX SMPLB di SLB ABD Kedungkandang Malang / Fatima Bunga Imani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

F Bunga Imani. Pengaruh HOTS Games Terhadap Pembelajaran Bahasa Inggris pada anak tunadaksa kelas IX SMPLB di SLB Kedungkadang Malang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Luar Biasa. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang . Pembimbing (1) Dra. Wiwik Dwi Hastuti M.Pd (2) Sopingi S.sos M..Pd Kata kunci Bahasa Inggris HOTS Games anak tunadaksa cerebral palsy. Bahasa inggris merupakan lingua franca yang hampir digunakan oleh seluruh Negara di dunia. Bahasa Inggris merupakan bahasa kedua untuk setiap orang hal ini sampai pada titik dimana hampir di setiap bagian dunia wajib mengetahui serta belajar Bahasa Inggris. Pembelajaran bahasa inggris di Indonesia dimulai sejak SD sedangkan pada kurikulum sekolah khusus atau sekolah luar biasa. Peserta baru mendapatkan bahasa inggris pada jenjang SMPLB. Hal tersebut menjadikan Anak Berkebutuhan Khusus baik tunadaksa tunagrahita tunanetra dan lain sebagainya kurang familiar dalam Bahasa inggris. Selain itu pembelajaran yang monoton dikelas membuat anak enggan mempelajari lebih lanjut tentang bahasa inggris. Hal tersebut menjadi urgensi karena bahasa inggris akan digunakan untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh HOTS Games terhadap pembelajaran bahasa inggris anak tunadaksa kelas IX SMPLB di SLB ABD Kedungkandang Malang. Metode Penelitian ini menggunakan Single Subject Research dengan desain penelitian A-B-A Subjek penelitian sebanyak satu orang yang berada di SLB ABD Kedungkandang Malang . Analisis data yang digunakan adalah analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Subyek penelitian ini adalah anak Tunadaksa Cerebral Palsy laki-laki berusia 18 tahun yang saat ini bersekolah di SLB ABD Kedungkandang Malang. Penelitian dilakukan dalam 17 sesi yaitu baseline-1(A1) sepanjang 5 sesi kondisi intervensi (B) sepanjang 6 sesi dan baseline-2 (A2) sepanjang 6 sesi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intervensi menggunakan HOTS Games berpengaruh terhadap peningkatan bahasa inggris pada kemampuan membaca pemahaman pada anak Cerebral Palsy di SLB ABD Kedungkandang Malang. Hal tersebut dibuktikan dengan pemerolehan mean level yang meningkat dari baseline A1 sebesar 72.4% sedangkan intervensi sebesar 89 16%dan baseline A2 sebesar 97.5%. Presentasi overlap antar kondisi baseline-A1 terhadap intervensi sebesar 0%. Dari perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa adanya HOTS Games memberikan pengaruh terhadap pembelajaran bahasa inggris anak tunadaksa pada kemampuan membaca pemahaman atau reading comprehension. Adapun saran bagi guru dalam penelitian ini adalah guna dapat memanfaatkan HOTS Games dalam pembelajaran ini sesuai dengan karakteristik anak dan hambatan anak sehingga dapat terjadi pembelajaran yang maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Apr 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267110

Actions (login required)

View Item View Item