Annissa, Rinda (2015) Pengembangan simulasi komputer berbasis pendekatan saintifik sub materi peredaran darah manusia kelas VIII / Rinda Annisaa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Annisaa, Rinda. 2015. PengembanganSimulasiKomputerBerbasisPendekatanSaintifik Sub MateriPeredaranDarahManusiaKelas VIII.Skripsi, JurusanBiologi, FakultasMatematikandanIlmuPengetahuanAlam, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. EndangSuarsini, M.Ked., (II) Dra. Hj. Susilowati, M.S. Kata kunci: SimulasiKomputer, PendekatanSaintifik, danPeredaranDarahManusia Dalam proses pembelajaran, konsepmerupakanhal yang perludipahami, dipelajari, dandikuasaiolehpesertadidik. Konsep-konsep yang dimilikiolehpesertadidikbergunasebagaidasarpengetahuanaturan-aturan yang relevandalammemecahkanmasalah yang dihadapiolehpesertadidiktersebut.Akan tetapi, seorangpesertadidiktidakselaludapatmemahami, mempelajaridanmenguasaikonsepdenganbaik.Berdasarkanhasilobservasiterhadap 29 pesertadidikkelas IX SMPN 9 Kota Malang, diketahuiterdapatbeberapamiskonsepsipesertadidikterhadap sub materiperedarandarahmanusia. Miskonsepsitersebutdapatdiatasidenganpenggunaanmedia danpendekatanpembelajaran yang tepat.Tujuanpenelitianiniadalahuntukmenghasilkansimulasikomputerberbasispendekatansaintifik yang valid, praktis, danefektifdalammeningkatkantingkatpemahamanpesertadidik. Pengembanganinimenggunakan model pengembanganSadiman (2002).Tahappertamayaitumengidentifikasikebutuhan.Tahapkeduayaitumerumuskantujuanpengembangan.Tahapketigayaitumerumuskanbutirmateri.Tahapkeempatyaitumerumuskanalatpengukurkeberhasilan.Tahapkelimayaitumenuliskannaskah media.Tahapkeenammelakukanvalidasikepadaahlimateri, ahli media, danpraktisipendidikansertaujicobaperorangan, kelompokkecil, danlapangan di SMPN 9 Malang.Data yangdiperolehmerupakandata kualitatifberupakomentardan saran paraahlidanpesertadidikpadatigatahapujicoba. Data kuantitatifberupanilaikelayakan media dari validator, nilaipretestdanpostestyang dilengkapidengan CRI sertalembarpenilaianpesertadidikterhadap media. Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwasimulasikomputer yang dikembangkanmerupakan media yang valid berdasarkanvalidasiahlimateri, media, danpraktisipendidikandenganskor98%, 98%, dan 100%. Simulasikomputerjugapraktisdigunakandalampembelajaran, terlihatdariresponpesertadidikpadatigatahapujicoba, yakniujicobaperorangandenganskor98%, ujicobakelompokkecil 88%, danujicobalapangan 93%.Simulasikomputerefektifuntukmeningkatkantingkatpemahamanpesertadidikberdasarkanpenghitungannilai CRI pretest danposttestpesertadidikpadaujicobaperorangansebesar 62%, ujicobakelompokkecilsebesar 77%, danujicobalapangansebesar 92%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S1 Biologi |
Depositing User: | Users 2 not found. |
Date Deposited: | 04 Dec 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/26711 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |