Keanekaragaman tumbuhan perdu blok curah uling di Taman Nasional Baluran, Situbondo Jawa Timur / Dian Rahmi Puspitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Keanekaragaman tumbuhan perdu blok curah uling di Taman Nasional Baluran, Situbondo Jawa Timur / Dian Rahmi Puspitasari

Puspitasari, Dian Rahmi (2015) Keanekaragaman tumbuhan perdu blok curah uling di Taman Nasional Baluran, Situbondo Jawa Timur / Dian Rahmi Puspitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Puspitasari Dian Rahmi. 2014. Keanekaragaman Tumbuhan Perdu Blok Curah Uling di Taman Nasional Baluran Situbondo Jawa Timur. Skripsi Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ir. Suhadi M. Si (II) Drs. Sulisetijono M.Si. Kata Kunci Taman Nasional Baluran keanekaragaman jenis tumbuhan perdu Taman Nasional merupakan suatu bentuk konservasi dalam kawasan alam dengan segala potensi yang bernilai nasional maupun internasional bagi kepentingan penelitian pariwisata kebudayaan demi kesejahteraan masyarakat. TNB memiliki sejumlah tipe ekosistem salah satunya adalah hutan musim Blok Curah Uling. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis dan mendeskripsikan tingkat keanekaragaman tingkat kemerataan dan jumlah jenis tumbuhan perdu yang berada di hutan musim Blok Curah Uling Taman Nasional Baluran (2) menganalisis dan mendeskripsikan faktor abiotik yang berpengaruh terhadap jumlah jenis tumbuhan perdu di hutan musim Blok Curah Uling Taman Nasional Baluran (3) menganalisis dan mendeskirpsikan indeks nilai penting tumbuhan perdu di hutan musim Blok Curah Uling Taman Nasional Baluran. Objek penelitian meliputi seluruh jenis tumbuhan perdu yang ditemukan pada plot pengamatan di Blok Curah Uling Taman Nasional Baluran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang dilaksanakan pada bulan Maret 2013. Teknik pengumpulan data menggunakan metode belt transek dengan panjang 400 m dan lebar 10 m apabila dijadikan plot maka satu belt transek dapat dibagi menjadi 40 plot berukuran 10x10 m. Indeks keanekaragaman adalah jumlah individu dan jumlah jenis yang diperoleh dari setiap luasan plot penelitian dengan perbandingan jumlah individu satu jenis dengan jumlah individu keseluruhan sampel dalam plot (jumlah nilai total individu dibagi oleh jumlah jenis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Indeks keanekaragaman perdu di hutan musim Blok Curah Uling Taman Nasional Baluran Situbondo sebesar 3.276 dikelompokkan dalam kriteria sangat tinggi menunjukkan kondisi ekosistem di hutan musim Blok Curah Uling cenderung stabil (2) Nilai indeks kemerataan jenis perdu di hutan musim Blok Curah Uling Taman Nasional Baluran Situbondo sebesar 0 983 dalam kriteria tinggi mendekati nilai 1 sehingga menunjukkan dalam kondisi yang relatif stabil yaitu jumlah individu tiap spesies relatif konstan. (3) Hasil analisis korelasi ganda menunjukkan faktor abiotik yang mempengaruhi jumlah jenis perdu di Blok Curah Uling Taman Nasional Baluran Situbondo meliputi suhu tanah dengan kisaran sumbangan 11 % dan kelembaban udara 37 %. (4) Berdasarkan hasil analisis data diketahui jenis tumbuhan perdu dengan indek nilai penting tertinggi adalah Allophyllus cobbe L. dan Vitex quinata (Lour) F. N. Williams menunjukkan bahwa jenis tersebut mendominasi kawasan Blok Curah Uling Taman Nasional Baluran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Sep 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26706

Actions (login required)

View Item View Item