Salsabil, Rahmat Alfan (2021) Pengaruh media kartu bergambar terhadap kemampuan membaca permulaan bagi siswa autis Kelas tujuh di SLBS BCG Idayu satu Kota Malang / Rahmat Alfan Salsabil. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Salsabil Rahmat Alfan. Dua Ribu Dua Puluh Satu. Pengaruh Media Kartu Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Bagi Siswa Autis Kelas Tujuh Di Slbs Bcg Idayu Satu Kota Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri malang. Pembimbing (Satu) Dr. Asep Sunandar S.Pd. M.AP. (Dua) Sopingi S.Sos . M.Pd. Kata Kunci Kartu bergambar membaca permulaan autis Dalam pembelajaran penggunaaan media bertujuan untuk membantu guru menyampaikan materi kepada peserta didik. Ada berbagai macam jenis media pembelajaran yang salah satunya adalah media kartu bergambar. Dengan media kartu bergambar akan membuat anak berkonsenterasi dalam pembelajaran membaca permulaan. Dengan menggunakan media kartu bergambar anak bisa lebih mudah menangkap materi dari guru dan jika digunakan untuk pembelajaran membaca permulaan akan membuat anak mudah memahami dan mengerti serta memudahkan anak dalam belajar membaca. Dalam pembelajaran membaca pada siswa autis juga diperlukan penggunaan media untuk mempermudah proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh medi kartu bergambar terhadap kemampuan membaca permulaan siswa autis kelas tujuh di SLBS BCG Idayu satu Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimental. Jenis eksperimen dipilih untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh media kartu bergambar terhadap kemampuan membaca permulaan siswa autis kelas tujuh di SLBS BCG Idayu satu. Berdasarkan hasil dari penelitian menunjukkan bahwa implikasi dari hasil penelitian ini adalah bahwa penggunaan media pembelajaran kartu gambar angka memiliki pengaruh yang positif dan signifikan. Hal ini dapat di lihat dari uji hipotesis dengan taraf signifikan lima persen yaitu nol koma lima. Setelah dikonsultasikan ternyata thitung lebih dari ttabel atau nol koma enam delapan lebih dari nol koma lima. Hal ini berarti HO ditolak dan Ha diterima. Yang membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media kartu bergambar terhadap kemampuan membaca permulaan siswa autis kelas tujuh di SLBS BCG Idayu satu. Dengan penggunaan media kartu bergambar menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca permulaan pada siswa. Maka peneliti menyarankan kepada guru kelas maupun sekolah untuk selalu kreatif dalam menggunakan berbagai media pembelajaran untuk mendukung setiap aktivitas pembelajaran bersama siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Jan 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/267004 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |