Efektivitas penyampaian materi ajar oleh guru untuk anak usia 4-6 tahun / Nanda Ayu Desmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas penyampaian materi ajar oleh guru untuk anak usia 4-6 tahun / Nanda Ayu Desmawati

Desmawati, Nanda Ayu (2022) Efektivitas penyampaian materi ajar oleh guru untuk anak usia 4-6 tahun / Nanda Ayu Desmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Desmawati Nanda Ayu. Efektivitas Penyampaian Materi Ajar oleh Guru untuk Anak Usia 4-6 Tahun. Skripsi ProdiS1 ndash Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Drs. I Wayan Sutama M.Pd (II) Wuri Astuti M.Pd. Kunci Materi ajar dan aktivitas belajar anak Materi ajar merupakan komponen yang sangat penting dalam pembelajaran sehingga diharapkan dapat menghasilkan aktivitas belajar yang maksimal. Pengetahuan dalam aktivitas belajar diperoleh dengan pengamatan dan pengalaman sehingga dapat mencapai hasil dan tujuan yang telah ditetapkan. Upaya untuk mewujudkan aktivitas belajar melalui penyampaian materi ajar perlu adanya peran guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecenderungan tindakan guru yang dilakukan dalam penyampaian materi ajar dan aktivitas belajar anak selama satu hari penuh proses pembelajaran. Penelitian yang dilakukan di 8 Lembaga Pendidikan Taman Kanak- kanak di Kota Malang ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa tindakan guru dalam penyampaian materi ajar pada poin instrumen merancang materi ajar yang memberikan kesempatan anak untuk berlatih mengembangkan pengetahuan dan keterampilan memperoleh hasil persentase sebesar 85%. Tindakan tersebut direspon oleh anak dengan kategori respon sangat aktif. Salah satu bentuk respon yang ditunjukkan oleh anak ketika guru melakukan tindakan tersebut adalah anak melakukan instruksi dari guru secara mandiri. Maka dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tindakan guru dalam merancang materi ajar yang memberikan kesempatan anak untuk berlatih mengembangkan pengetahuan dan keterampilan merupakan tindakan yang cenderung dilakukan adalah guru menyampaikan materi ajar dengan selalu melibatkan anak dalam setiap kegiatannya. Melalui kegiatan ini guru dapat mengupayakan bahwa anak memahami apa yang disampaikan dengan memberikan aktivitas secara fisik melalui kegiatan yang telah dirancang sesuai dengan kompetensi yang telah ditetapkan sebelumnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Nov 2022 04:29
Last Modified: 18 Mar 2024 07:21
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/266992

Actions (login required)

View Item View Item