Khatimah, Husnul Khatimah (2022) Tindakan guru dalam mengatasi perilaku bullying pada anak usia dini usia 5-6 tahun dalam kegiatan belajar / Husnul Khatimah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini memberikan gambaran tindakan guru dalam mengatasi perilaku bullying pada anak usia dini usia 5-6 tahun dalam kegiatan belajar. Subjek penelitian beberapa guru dan kepala sekolah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui tindakan guru yang dilakukan oleh anak usia dini pada usia 5-6 tahun dan untuk mengetahui bagaimana dampak tindakan yang diberikan guru terhadap perilaku bullying yang muncul pada anak usia. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode yang digunakan yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi analisis pengumpulan data reduksi data penyajian data serta penarikan kesimpulan. Dari hasil observasi yang dilakukan peneliti maka dapat disimpulkan bahwasanya tindakan guru dalam mengatasi perilaku bullying terhadap anak usia dini sudah dilakukan dan proses pembelajaran yang meliputi kegiatan belajar kokulikuler ekstrakulikuler dan intrakulikuler sudah berjalan dengan baik. Berdasarkan hasil wawancara anak usia dini yang melakukan perilaku bullying tergolong menjadi beberapa jenis dalam melakukan bullying baik secara fisik maupun secara non fisik. beberapa perilaku bullying yang sering dilakukan yaitu dengan mengejek menyindir menghina dan juga tindakan fisik dengan menyenggol.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Nov 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/266987 |
Actions (login required)
View Item |