Standar proses pembelajaran anak usia dini di masa pandemi covid-19 / Maf'ula Qurrata Ayuni - Repositori Universitas Negeri Malang

Standar proses pembelajaran anak usia dini di masa pandemi covid-19 / Maf'ula Qurrata Ayuni

Ayuni, Maf'ula Qurrata (2022) Standar proses pembelajaran anak usia dini di masa pandemi covid-19 / Maf'ula Qurrata Ayuni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perencanaan kurikulum perlu adanya adaptasi terhadap situasi darurat akibat Pandemi Covid-19. Adaptasi pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan menggunakan sistem daring. Untuk menganalisis hasil adaptasi terhadap standar proses pembelajaran daring dan mengetahui hambatan serta dukungan terhadap pembelajaran daring yang merupakan tujuan dari penelitian ini dilaksanakan. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif yakni reduksi penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan standar proses TK Mardi Rahayu/ Gerakan Orgasisasi Wanita (GOW) telah dibuat sesuai dengan kurikulum adaptasi. Pada pelaksanaan penelitian ditemukan beberapa hambatan selama pembelajaran berupa adaptasi penggunaan teknologi kemampuan ekonomi dan pendidikan orang tua belum memadai kesulitan mengatur fokus anak pada pembelajaran daring sehingga capaian perkembangan anak tidak maksimal. Upaya guru mengatasi hambatan dalam pembelajaran daring dengan memberikan dukungan serta bimbingan kepada orang tua siswa selama proses pembelajaran tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/266966

Actions (login required)

View Item View Item