Pengaruh sosial ekonomi terhadap partisipasi orang tua dalam mendukung belajar anak usia dini di rumah pada masa pandemi / Febriana Hasri Pertiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh sosial ekonomi terhadap partisipasi orang tua dalam mendukung belajar anak usia dini di rumah pada masa pandemi / Febriana Hasri Pertiwi

Pertiwi, Febriana Hasri Pertiwi (2022) Pengaruh sosial ekonomi terhadap partisipasi orang tua dalam mendukung belajar anak usia dini di rumah pada masa pandemi / Febriana Hasri Pertiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan pengaruh sosial ekonomi terhadap partisipasi orang tua dalam mendukung belajar anak usia dini di rumah pada masa pandemi Covid-19. Pendekatan kuantitatif dengan ex post facto sebagai metode yang digunakan pada peneliti. Data yang diperlukan diperoleh peneliti melalui penyebaran angket kepada orang tua yang anaknya bersekolah di lembaga PAUD kelurahan Ciwedus. Jumlah keseluruhan populasi penelitian ini yaitu 141 yang kemudian diambil sampelnya dengan teknik two stage cluster sampling dengan teknik lainnya simple random sampling. Berdasarkan teknik tersebut diperoleh 59 sampel orang tua untuk responden angket pada penelitian. Angket kuesioner tersebut meliputi kuesioner kondisi sosial ekonomi ekonomi orang tua dan kuesioner partisipasi orang tua dalam mendukung anak belajar di rumah. Presentase menunjukkan sebesar 52 54% untuk hasil dari kuesioner partisipasi orang tua dalam mendukung anak belajar di rumah yang mengartikan bahwa kecenderungan partisipasi orang tua dalam kategori tinggi. Secara parsial memperlihatkan hasil dengan 1) Tingkat pendidikan ayah secara signifikan memperlihatkan tidak ada pengaruh terhadap partisipasi orang tua dalam mendukung anak belajar di rumah 2) Tingkat pendidikan ibu secara signifikan memperlihatkan tidak ada pengaruh terhadap partisipasi orang tua dalam mendukung anak belajar di rumah 3) Jenis pekerjaan ayah secara signifikan memperlihatkan pengaruh positif pada partisipasi orang tua dalam mendukung anak belajar di rumah 4) Jenis pekerjaan ibu secara signifikan memperlihatkan tidak ada pengaruh terhadap partisipasi orang tua dalam mendukung anak belajar di rumah 5) Pendapatan keluarga secara signifikan memperlihatkan tidak ada pengaruh terhadap partisipasi orang tua dalam mendukung anak belajar di rumah 6) Kepemilikan atau kekayaan tempat tinggal secara signifikan memperlihatkan tidak ada pengaruh pada partisipasi orang tua dalam mendukung anak belajar di rumah 7) Sebesar 23 3% memperlihatkan hasil dari kontribusi keseluruhan variabel independen terhadap variabel dependen sisanya 76 7% berasal dari faktor-faktor lain di luar variabel yang diteliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/266965

Actions (login required)

View Item View Item