Analisis penanaman nilai-nilai kedisiplinan untuk pembentukan karakter anak di Children Center Brawijaya Smart School Universitas Brawijaya / Wangi Melati - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis penanaman nilai-nilai kedisiplinan untuk pembentukan karakter anak di Children Center Brawijaya Smart School Universitas Brawijaya / Wangi Melati

Melati, Wangi (2022) Analisis penanaman nilai-nilai kedisiplinan untuk pembentukan karakter anak di Children Center Brawijaya Smart School Universitas Brawijaya / Wangi Melati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Masa tumbuh kembang anak merupakan masa yang krusial bagi anak karena mereka mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Pada masa tersebut pendidikan karakter penting untuk diberikan kepada anak sebagai landasan terbentuknya nilai moral yang baik bagi anak. Pendidikan karakter yang diberikan tidak terlepas dari penanaman nilai-nilai kedisiplinan yang diberikan oleh lembaga dan lingkungan di sekitar anak sebagai dasar untuk membentuk karakter baik anak karena disiplin dapat menumbuhkan sifat kontrol diri di dalam diri anak yang menunjang kemunculan karakter-karakter positif lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari penanaman kedisiplinan kepada pembentukan karakter anak yang dilakukan di CC BSS UB. Hal tersebut dilaksanakan berdasarkan latar belakang lembaga yang mengutamakan pendidikan karakter sebagai landasannya. Dengan demikian penelitian dilakukan untuk mengkaji lebih dalam lagi mengenai pengaruh penanaman nilai kedisiplinan kepada pembentukan karakter anak. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif yang bertujuan untuk memahami suatu fenomena yang terjadi di lingkungannya secara natural atau alami dan dilaksanakan melalui metode deskriptif. Subjek penelitian adalah anak kelas A di Children Center Brawijaya Smart School Universitas Brawijaya. Metode pengumpulan yang dilaksanakan adalah metode observasi wawancara dan dokumen yang ditemukan di lapangan secara langsung oleh peneliti. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilaksanakan maka gambaran umum mengenai ini adalah sebagai berikut (1) Anak mampu melakukan sikap disiplin seperti sikap taat aturan sabar tanggung jawab mengikuti instruksi bergiliran dan menghargai teman. (2) Sebagian besar anak mampu dan mau mengikuti SOP (System Operational Procedure) yang diberikan guru disetiap kegiatan. (3) Penanaman kedisiplinan dapat menumbuhkan kontrol diri dalam diri anak. (4) Karakter seperti sabar peduli toleransi tanggung jawab kooperatif tegas teliti peka menghargai teman jujur berani komunikatif dan mandiri mulai tampak pada akhir semester.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 May 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/266953

Actions (login required)

View Item View Item