Strategi pembelajaran daring dalam menumbuhkan kemampuan berpikir logis anak usia 5-6 tahun di Desa Grogol / Ulun Nuha - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi pembelajaran daring dalam menumbuhkan kemampuan berpikir logis anak usia 5-6 tahun di Desa Grogol / Ulun Nuha

Nuha, Ulun (2022) Strategi pembelajaran daring dalam menumbuhkan kemampuan berpikir logis anak usia 5-6 tahun di Desa Grogol / Ulun Nuha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran daring di PAUD mengharuskan guru melakukan strategi pembelajaran daring yang memudahkan orangtua. Kemampuan berpikir logis anak perlu distimulasi dalam memahami keadaan pandemi saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran daring ditinjau dari penggunaan metode yang digunakan guru dalam mengenalkan keadaan pandemi bagi anak. Ruang lingkup penelitian ini yaitu strategi pembelajaran daring ditinjau dari penggunaan metode pembelajaran dan kemampuan berpikir logis anak memahami keadaan pandemi covid-19. Metode penelitian yang digunakan ialah metode penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara kepada kepala sekolah dan menyebarkan google form kepada guru kelompok B yang mengajar RA di Desa Grogol.Wawancara dilakukan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran daring dan mengidentifikasi metode pembelajaran yang pernah digunakan pada pembelajaran daring di RA Desa Grogol. Penyebaran google form dilakukan untuk mengumpulkan data tentang strategi pembelajaran daring ditinjau dari penggunaan metode dalam menumbuhkan kemampuan berpikir logis mengenal keadaan pandemi covid-19.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring yang dilakukan guru RA di Desa Grogol menggunakan aplikasi whatsapp dengan memberikan informasi atau arahan melalui pesan di whatsapp grup dan lembar kegiatan anak selama satu minggu. Terdapat tiga metode pembelajaran daring dalam mengenal sebab-akibat keadaan pandemi yang digunakan oleh guru RA di Desa Grogol. Penggunaan metode tersebut yaitu metode pemberian tugas dengan persentase 50% metode diskusi/bercakap-cakap dengan persentase 30% dan metode bercerita dengan persentase 20%. Mengenal sebab-akibat tentang keadaan pandemi mampu dipahami anak sesuai dengan persentase metode yang digunakan guru pada pembelajaran daring. Materi yang diberikan guru tentang keadaan pandemi yaitu cara pencegahan covid-19

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/266947

Actions (login required)

View Item View Item