Intervensi guru terhadap perilaku tantrum anak di TK Al Hidayah Bakti i Kecamatan Pare Kabupaten Kediri / Octaviana Kartika Damayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Intervensi guru terhadap perilaku tantrum anak di TK Al Hidayah Bakti i Kecamatan Pare Kabupaten Kediri / Octaviana Kartika Damayanti

Damayanti, Octaviana Kartika (2022) Intervensi guru terhadap perilaku tantrum anak di TK Al Hidayah Bakti i Kecamatan Pare Kabupaten Kediri / Octaviana Kartika Damayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perilaku tantrum yaitu perilaku yang dialami anak usia 2-5 tahun dengan cara marah yang berlebihan menghentak-hentakkan kaki sampai merusak barang di sekitarnya. Perilaku tantrum akan sangat mengganggu untuk orang lain dan untuk anak sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku tantrum pada anak mengetahui faktor penyebab anak berperilaku tantrum kendala yang dialami guru dalam menyikapi anak tantrum faktor pendukung guru mengalami kendala menyikapi anak tantrum serta intervensi guru terhadap anak tantrum dan hasil intervensi yang dilakukan oleh guru terhadap anak yang tantrum. Manfaat penelitian ini sendiri diharapakan dapat menjadi acuan kepada peneliti lain untuk menggali lebih dalam penelitian serupa lalu untuk guru dan orang tua diharapkan menjadi masukan agar dapat memahami dan dapat menangani anak yang mengalami tantrum. Subjek penelitian utama yaitu anak ldquo A rdquo kelas A2 di TK Al Hidayah Bakti 1 Pare didukung dengan subjek Guru Orangtua dan lingkungan anak. Penelitian menggunakan metode studi kasus yaitu dengan memfokuskan satu masalah dengan spesifik umumnya bertujuan untuk mempertahankan keutuhan dari objek penelitian. Hasil dari pengumpulan data menyebutkan ldquo A rdquo mengalami tantrum pada saat di sekolah dan lingkungan rumah penyebabnya karena belum mandiri dan mengenali lingkungan sekitarnya serta ada keinginan anak yang tidak terpenuhi oleh orang tuanya. Kendala yang dialami guru yaitu menjadi tidak fokus dan kondisi kelas kurang kondusif faktor pendukung kendala dialami guru sendiri belum mengerti tata cara menangani anak yang sedang tantrum intervensi guru terhadap anak tantrum yaitu menenangkan anak dan memberikan kalimat afeksi hasil intervensi yang dilakukan guru yaitu anak menjadi lebih tenang dan anak mulai mengendalikan emosinya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/266941

Actions (login required)

View Item View Item