Isolasi mRNA exon-1 Gen Pun1 pada Capsicum frutescens L. kultivar cakra hijau / Elhah Nailul Khasna - Repositori Universitas Negeri Malang

Isolasi mRNA exon-1 Gen Pun1 pada Capsicum frutescens L. kultivar cakra hijau / Elhah Nailul Khasna

Khasna, Elhah Nailul (2015) Isolasi mRNA exon-1 Gen Pun1 pada Capsicum frutescens L. kultivar cakra hijau / Elhah Nailul Khasna. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Khasna Elhah Nailul. 2015. Isolasi mRNA Exon-1 gen Pun1 pada Capsicum frutescens kultivar Cakra Hijau. Skripsi. Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Dwi Listyorini M. Si. D. Sc. Dan (II) Dra. Eko Sri Sulasmi M. S. Kata Kunci Capsicum frutescens L. kultivar Cakra Hijau Capsaicin gen Pun1 Exon-1 Capsicum frutescens L. merupakan salah satu cabai yang memiliki tingkat kepedasan tinggi. Capsicum frutescens L. kultivar Cakra Hijau adalah salah satu kultivar Capsicum frutescens. Kultivar ini resisten terhadap serangga hama dan penyakit. Kepedasan pada cabai disebabkan adanya akumulasi kapsaisinoid. Pun1 merupakan gen yang bertanggung jawab terhadap kepedasan. Sekuen total gen Pun1 sepanjang 1897 bp berisi dari dua exon sepanjang 738 bp dan 585 bp berturut-turut dan satu intron sepanjang 348 diantaranya. Penelitian ini bertujuan untuk mengisolasi exon1 dari gen Pun1 karena exon1 memiliki bagian kodon start yang merupakan bagian awal dari sintesis protein serta untuk mengetahui sekuen dari . mRNA diisolasi menggunakan TriReagent selanjutnya RT-PCR dilakukan menggunakan Qiagen One-Step RT-PCR dan primer F1/R1 (F1 5 -ATG-GCT-TTT-GCA-TTA-CCA-TCA-3 /R1 5 -CTT-AGC-TCG-AAG-TGC-ATC-TA-3 ). Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Bio Edit DNA Baser Blast dan ClustalX. Hasil dari penelitian ini adalah mengisolasi 738 bp exon-1 dari gen Pun1 serta pensejajaran sekuen dari cDNA Capsicum frutescens kultivar Cakra Hijau dengan Capsicum frutescens kultivar BG2814-6 dan Capsicum frutescens kultivar Shuanla menunjukkan similaritas sebesar 98%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26694

Actions (login required)

View Item View Item