Pengembangan e-modul matematika berbasis model creative problem solving materi pecahan Kelas IV Sekolah Dasar / Erlina Dwi Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-modul matematika berbasis model creative problem solving materi pecahan Kelas IV Sekolah Dasar / Erlina Dwi Lestari

Lestari, Erlina Dwi (2022) Pengembangan e-modul matematika berbasis model creative problem solving materi pecahan Kelas IV Sekolah Dasar / Erlina Dwi Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran matematika merupakan suatu proses belajar mengajar yang dibangun oleh guru untuk mengembangkan kreativitas berpikir siswa yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir siswa. Namun pada saat masa pandemi Covid-19 pembelajaran matematika dirasa kurang mengembangkan kreativitas siswa dalam belajar terutama materi pecahan. Oleh karena itu perlu dikembangkan modul elekronik matematika berbasis model Creative Problem-Solving (CPS) untuk membantu siswa mengembangkan kreativitasnya dalam memecahkan suatu masalah dan kegiatan pada materi pecahan. Tujuan penelitian dan pengembangan ini yaitu menghasilkan produk e-modul yang valid menurut ahli materi dan ahli media serta praktis bagi pengguna guru dan siswa. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini yaitu model ADDIE. Pemilihan model ADDIE pada penelitian ini dikarenakan model ini sering digunakan dan cocok dalam pengembangan bahan ajar dan dunia pendidikan serta banyak penelitian lain dalam mengembangkan e- modul menggunakan model ini. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan dua tahap dalam desain uji coba yaitu uji validasi yakni uji ahli materi dan uji ahli media. Serta uji lapangan yakni uji oleh pengguna. Produk yang dikembangkan berupa e-modul matematika berbasis CPS materi pecahan. E-modul terbagi menjadi 3 bagian yaitu pembuka isi dan penutup. Pada e-modul juga dilengkapi dengan beberapa gambar video dan kegiatan serta latihan-latihan soal. Hasil pengembangan ini memperoleh skor dari dua validator ahli materi rata-rata 85 88% dengan kategori sangat valid. Perolehan skor dari dua validator ahli media rata-rata 96 83% dengan kategori sangat valid. Hasil dari validasi pengguna (guru) mendapatkan skor yaitu 96 25% dengan kategori sangat valid. Selain itu hasil uji coba kelompok kecil kepada siswa SDN Mulyoagung II mendapatkan skor akhir dengan rata-rata 95% dengan kategori sangkat praktis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Jun 2022 04:29
Last Modified: 13 Jan 2023 03:58
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/266797

Actions (login required)

View Item View Item