Pengembangan media pembelajaran berbentuk video animasi pada muatan IPA tema 8 bumiku subtema 3 bumi, matahari, dan bulan untuk peserta didik Kelas VI SDN Kotalama 2 kota Malang / Asa Cahya Mardatillah S - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbentuk video animasi pada muatan IPA tema 8 bumiku subtema 3 bumi, matahari, dan bulan untuk peserta didik Kelas VI SDN Kotalama 2 kota Malang / Asa Cahya Mardatillah S

S, Asa Cahya Mardatillah (2022) Pengembangan media pembelajaran berbentuk video animasi pada muatan IPA tema 8 bumiku subtema 3 bumi, matahari, dan bulan untuk peserta didik Kelas VI SDN Kotalama 2 kota Malang / Asa Cahya Mardatillah S. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) adalah ilmu yang mempelajari tentang sebab akibat tentang makhluk hidup zat dan segala fenomena yang terjadi dialam semesta. Pembelajaran IPA sarat akan konsep-konsep dan prinsip-prinsip abstrak sehingga terkadang peserta didik akan kesulitan dalam mengkonkretkan konsep-konsep dan prinsip-prinsip tersebut. Hal ini tercermin pada pembelajaran tema 8 bumiku subtema 3 bumi matahari dan bulan yang membahas tentang gerhana siswa sering merasa kesulitan dikarenakan gerhana merupakan fenomena baru untuk mereka dan memuat banyak istilah-istilah yang sulit. Maka dari itu penggunaan media pembelajaran sangat dibutuhkan untuk membantu peserta didik dalam mencapai pengetahuan yang utuh. Media pembelajaran mampu membantu peserta didik untuk menyamakan persepsi mereka terhadap suatu hal serta dapat membantu siswa untuk membayangkan suatu fenomena yang jarang mereka temui seperti gerhana. Jenis penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (R amp D) menggunakan model Sugiyono dengan 7 langkah-langkah yaitu potensi dan masalah pengumpulan data desain produk validasi desain revisi produk uji coba produk dan revisi produk. Penelitian ini menggunakan 2 ahli yaitu ahli materi dan ahli media untuk memvalidasi produk. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas VI B dan siswa kelas VI B SDN Kotalama 2. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara dan angket. Hasil wawancara dan observasi akan diolah secara kualitatif menggunakan teknik analisis deskriptif serta hasil angket akan dihitung secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan kelayakan media berdasarkan validasi ahli materi sebesar 100% termasuk kategori sangat layak tanpa revisi ahli media sebesar 90 77% termasuk kategori sangat layak tanpa revisi pengguna yaitu guru sebesar 93% termasuk kategori sangat layak tanpa revisi dan uji coba pengguna yaitu siswa kelas VI SDN Kotalama 2 sebesar 90% termasuk kategori sangat layak tanpa revisi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbentuk video animasi yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2022 04:29
Last Modified: 29 Dec 2022 02:18
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/266796

Actions (login required)

View Item View Item