Analisis kedisiplinan siswa pada kelas iv sdn 2 bareng 2 malang dalam aktivitas belajar sekolah / Dimas Aji Pradana - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kedisiplinan siswa pada kelas iv sdn 2 bareng 2 malang dalam aktivitas belajar sekolah / Dimas Aji Pradana

Pradana, Dimas Aji Pradana (2022) Analisis kedisiplinan siswa pada kelas iv sdn 2 bareng 2 malang dalam aktivitas belajar sekolah / Dimas Aji Pradana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kedisiplinan siswa adalah sebuah perilaku perbuatan dan sikap siswa yang patuh terhadap peraturan yang berlaku dalam lingkungan sekolah. Kedisiplinan dalam belajar merupakan bentuk sikap patuh yang dilakukan oleh siswa yang berhubungan dengan karakter serta tingkah laku dalam menaati aturan dan ketentuan yang didapatkan dari pengalaman siswa selama dalam proses belajar di sekolah. Perilaku disiplin siswa dalam pembelajaran mempunyai peran yang penting untuk membentuk lingkungan belajar yang kondusif karena lingkungan belajar yang baik akan membantu siswa dalam mencapai tujuan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kedisiplinan siswa dalam aktivitas pembelajaran di kelas IV SDN Bareng 2 Malang. Aspek dalam penelitian yang diamati oleh peneliti yaitu kehadiran berpakaian mengerjakan tugas sopan santun dan kebersihan kelas. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah guru kelas IV dan siswa kelas IV penelitian ini dilakukan di SDN Bareng 2. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara dokumentasi dan Instrumen. Data dianalisis melalui pengumpulan data reduksi data penyajian data dan Penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsaan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas IV memiliki kedisiplinan yang baik dalam hal kehadiran pengerjaan tugas berpakaian sopan santun dan menjaga kebersihan kelas. Kedisiplinan siswa dapat terbentuk dengan baik karena adanya beberapa faktor yang mendukung yaitu guru yang memiliki sikap yang tegas dalam mendisiplinkan siswa dengan cara memberikan teguran serta hukuman kepada siswa yang kurang disiplin dapat membantu siswa untuk sadar atas tindakannya yang salah dan membuat siswa berusaha untuk tidak melakukan kesalahan yang sama. Peran kepala sekolah dalam mengawasi aktivitas pembelajaran disekolah. Peran orang tua dalam membentuk sikap disiplin siswa. Dukungan yang diberikan orang tua yang mengantarkan anaknya agar tiba tepat waktu di sekolah juga menjadi salah satu faktor yang mendukung anak untuk disiplin. Kesadaran diri siswa berperan sebagai motivasi dengan adanya siswa yang menyadari bahwa datang ke sekolah tepat waktu dan melaksanakan piket kelas merupakan bagian dari kewajibannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Nov 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/266795

Actions (login required)

View Item View Item