Persepsi guru tentang pembelajaran berdasarkan pendekatan saintifik di kelas iv sd se- gugus 3 kecamatan blimbing kota malang / Siti Aminah - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi guru tentang pembelajaran berdasarkan pendekatan saintifik di kelas iv sd se- gugus 3 kecamatan blimbing kota malang / Siti Aminah

Aminah, Siti Aminah (2022) Persepsi guru tentang pembelajaran berdasarkan pendekatan saintifik di kelas iv sd se- gugus 3 kecamatan blimbing kota malang / Siti Aminah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendekatan saintifik ialah pendekatan pembelajaran yang ditetapkan dalam kurikulum 2013 sesuai yang tertera dalam Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014 Tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah (Permendikbud No. 103 Tahun 2014) pada pasal 2 ayat 8. Namun hasil pengamatan peneliti pada saat MBKM menunjukkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran saintifik kurang maksimal. Pendekatan saintifik secara persepsional dikenali oleh guru dengan modal kegiatan 5M (mengamati menanya menalar mencoba mengkomunikasikan) padahal jika mengacu kepada pedoman kurikulum yang ada bahwa pendekatan saintifik itu diimplementasi melalui model-model pembelajaran yang ditetapkan dalam kurikulum. Sebab jika tidak penerapan 5M itu belum dapat dikatakan menggunakan pendekatan saintifik sesuai dengan kaidah-kaidah keilmuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi guru tentang pendekatan pembelajaran saintifik dan juga model pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik seperti belajar penemuan pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran berbasis proyek. Penelitian dilakukan dengan teknik wawancara dan dokumentasi RPP 11 guru kelas IV SDN Gugus 3 Kecamatan Blimbing Kota Malang yang kemudian dianalisis menggunakan analisis data model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi guru kelas IV terhadap pendekatan saintifik hanya sebatas kegiatan 5M (mengamati menanya menalar mencoba dan mengomunikasikan). Hal itu ditemukan saat wawancara dengan para guru di kelas IV yang mengatakan bahwa pendekatan saintifik yaitu kegiatan pembelajarannya memuat kegiatan 5M dan dari hasil temuan RPP yang telah dianalisis tidak ditemukan RPP yang model pembelajarannya menggambarkan kegiatan pembelajaran dari awal hingga akhir yang sesuai dengan sintak atau tahap pembelajaran yang saintifik atau pembelajaran berbasis keilmuan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Nov 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/266794

Actions (login required)

View Item View Item