Pengembangan multimedia interaktif menggunakan ispring materi mensyukuri keberagaman dengan penguatan sikap kemandirian untuk siswa kelas iv sekolah dasar / Ayu Pangesti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif menggunakan ispring materi mensyukuri keberagaman dengan penguatan sikap kemandirian untuk siswa kelas iv sekolah dasar / Ayu Pangesti

Pangesti, Ayu Pangesti (2022) Pengembangan multimedia interaktif menggunakan ispring materi mensyukuri keberagaman dengan penguatan sikap kemandirian untuk siswa kelas iv sekolah dasar / Ayu Pangesti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Multimedia merupakan perpaduan berbagai media seperti audio visual animasi teks grafis dan lain-lain secara interaktif yang dalam pembuatan dan penggunaannya memanfaatkan komputer atau perangkat elektronik lain yang bertujuan untuk menyampaikan informasi atau pesan dalam membantu proses pembelajaran. Multimedia yang dikembangkan sebagai media pembelajaran menggunakan aplikasi iSpring digunakan sebagai pemecah permasalahan di kelas IV SDN Bendogerit 01 di Kota Blitar. Permasalahan ditemukan bahwa siswa belum menerima materi pembelajaran PPKn dengan baik dikarenakan penggunaan media pembelajaran yang kurang yaitu hanya menggunakan media gambar yang diprint serta sumber belajar siswa berupa buku tematik yang menyebabkan siswa cenderung malas belajar sendiri karena terbiasa belajar bergantung pada orang tua atau orang lain. Oleh karena itu penggunaan media pembelajaran diperlukan untuk memudahkan dalam memahami materi dan meningkatkan kemandirian belajar terhadap siswa. Pengembangan media ini didukung dengan ketertarikan siswa menggunakan smartphone digunakan untuk belajar. Tujuan pengembangan dan penelitian ini yaitu menghasilkan multimedia interaktif menggunakan iSpring materi mensyukuri keberagaman dengan penguatan sikap kemandirian siswa kelas IV Sekolah Dasar yang valid menurut ahli materi ahli media dan pengguna (guru) serta praktis dan menarik menurut siswa. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah ADDIE dengan lima tahap yang meliputi analisis perancangan pengembangan implementasi dan evaluasi. Teknik pengumpulan data meliputi instrumen wawancara angket dan dokumentasi. Analisis angket ahli materi ahli media dan pengguna yaitu guru menggunakan skala Likert. Sedangkan angket respon siswa dianalisis menggunakan skala Guttman. Teknik analisis data menggunakan persentase kemudian hasilnya dikategorisasikan. Hasil pengolahan data menunjukan hasil validasi ahli materi sebesar 100% ahli media sebesar 90% serta hasil dari pengguna yaitu guru sebesar 95% semua penilaian validasi termasuk dalam kategori sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi. Hasil angket respon siswa untuk mengetahui kemenarikan/ kepraktisan memperoleh persentase sebesar 98% serta angket respon siswa untuk mengetahui sikap kemandirian memperoleh persentase sebesar 97 3. Berdasarkan hasil analasis angket validasi dan angket respon siswa disimpulkan bahwa produk multimedia interaktif menggunakan iSpring dapat dinyatakan valid menurut ahli materi media dan pengguna yaitu guru serta menarik praktis dan dapat menguatkan sikap kemandirian bagi siswa kelas IV Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Nov 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/266782

Actions (login required)

View Item View Item